Kelebihan dan Kekurangan Etios Dibanding Kompetitor

Toyota mematok penjualan Etios sebanyak 2.000 unit per bulan.

Rabu, 13 Maret 2013, 12:20 Sandy Adam Mahaputra
Toyota Etios Valco
Toyota Etios Valco (VIVAnews/Sandy Mahaputra)
VIVAnews - Mobil citycar kini tengah naik daun di Tanah Air. Segmen itu langsung dibidik para produsen mobil, mereka berlomba-lomba menghadirkan model anyar untuk bisa menguasai pasar citycar.

Terakhir adalah Toyota dengan Etios Valco. Meski segmen tersebut sudah terisi sesak, raksasa otomotif asal Jepang itu yakin modelnya bisa bersaing dan mengalakan para pemain lama seperti Picanto, March, Sirion, Brio, dan Mirage.

Meski lahir belakangan, Toyota Astra Motor mengatakan, Etios Valco punya beberapa kelebihan yang tidak dimiliki pesaing lainnya.

Presiden Direktur Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan, mengklaim kalau wheelbase atau jarak sumbu roda Etios Valco lebih panjang dari para kompetitor yang bermain di kelasnya.

"Etios Valco ini wheelbase-nya lebih panjang dari Honda Brio dan Mitsubishi Mirage," kata Johnny.

Etios Valco memiliki wheelbase 2.460 mm. Sementara itu, Brio memiliki wheelbase 2.345 mm dan Mirage 2.450 mm. "Kalau untuk ground clearance paling dekat dengan Mitsubishi Mirage. Tapi, untuk urusan kelapangan kabin, Etios Valco paling luas di antara semuanya," ujarnya.

Dari skala dimensi, Etios Valco hanya beda tipis dengan kontestan yang lainnya. Etios mempunyai panjang 3.775 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.510 mm, maka secara garis besar Etios Valco lebih mirip dengan Nissan March yang berdimensi 3.780 mm x 1.665 mm x 1.525 mm (panjang, lebar, dan tinggi).
 
Soal kekuatan dapur pacu, Etios mengandalkan mesin 3 NR-FE 4 silinder 16 Valve DOHC yang menghasilkan daya maksimum 80 PS pada 5.600 rpm dan torsi puncak mencapai 104 Nm pada 3.100 RPM.

Secara statistik, tenaga kuda yang dimiliki Etios Valco masih di bawah Brio (100 PS pada 6.000 rpm) dan KIA Picanto (87 PS pada 6.000 rpm), tapi sedikit di atas Nissan March (76 PS pada 6.000 rpm) serta Mitsubishi Mirage (77 PS pada 6.000 rpm).
 
Tapi, sayangnya, semua tipe Etios Valco hanya dibekali transmisi manual. Sementara itu, kompetitornya, salah satu tipe dari model mereka sudah dilengkapi versi matik.

Kelebihan lain yang dimiliki Etios Valco adalah menempatkan cluster instrument di tengah dashboard tidak seperti para pesaingnya. Posisi ini dapat memudahkan pandangan pengemudi mengamati jalan, sekaligus membantu semua penumpang untuk memonitor kondisi mobil.
 
Ditambah lagi fitur unggulan seperti dual airbag, sistem ABS, dan EBD pada semua tipe. Kemudian, pendingin yang juga mengalir pada laci dashboard, sehingga dapat menaruh minuman agar tetap segar dan dingin.

Ada juga card holder dan utility pocket yang secara khusus didesain untuk masyarakat Indonesia. Keunggulan lainnya adalah desain pada ruang kaki pengemudi dan penumpang yang terbilang cukup luas.

Untuk Etios versi terendah (tipe J) dihargai Rp135,5 juta, minus power steering dan piranti entertainment seperti head unit. Namun, model ini sudah dilengkapi dengan dual SRS airbag.

Sementara itu, Etios tipe E (menengah) dibanderol Rp149,9 juta, dan tipe G (termahal) Rp161,6 juta. Semua harga berstatus On the Road Jabodetabek.

Dengan kelebihan yang dimiliki, Toyota Astra Motor optimistis Etios bakal menguasai market share citycar nasional minimal 30 persen dengan target penjualan 2.000 unit per bulan. Mampukah? Kita tunggu saja. (art)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com