12 Merek Otomotif Paling Berharga di Dunia

Los Angeles Auto Show 2012
Sumber :
  • REUTERS/Mario Anzuoni

VIVAnews – Meski Toyota sempat diterpa banyak permasalahan seperti jutaan produk mobilnya di dunia ditarik kembali dari pasaran (recall), namun perusahaan otomotif asal Jepang itu diyakini menjadi merek otomotif paling berharga di dunia 2013.

Berlaku Progresif, Perjanjian Ekstradisi Indonesia-Singapura Bakal Libas 31 Pelaku Tindak Pidana

Seperti diberitakan autonews.com, Senin 11 Februari 2013, berdasarkan data marketing consultancy Brand Finance yang berbasis di London, UK, Toyota kembali menjadi merek otomotif paling berharga di dunia dengan nilai US$26 miliar atau naik enam persen dari tahun lalu.

Sebelumnya, nilai Toyota mengalami penurunan, hal itu terjadi pada 2010, di mana Toyota sempat melakukan recall besar-besaran hingga mengalami kerugian US$1,2 miliar. Selain itu, pada 2011, bencana alam gempa bumi dan tsunami membuat Toyota kembali menelan kerugian hingga US$1,7 miliar.

100 People Still Missing in Moscow Concert Hall Attack

Bahkan, pada akhir tahun lalu, 7,4 juta kendaraan Toyota secara global di-recall untuk diperbaiki switch power-window yang bisa menyebabkan kebakaran. Namun, hal itu tetap membuat Toyota bertengger di urutan pertama merek otomotif paling berharga.

"Toyota telah bekerja keras untuk membangun kembali kepercayaan konsumen, memulihkan reputasi untuk keandalan, serta memperkenalkan desain baru lebih bergaya dan kampanye iklan yang menarik bagi kaum muda," kata David Haigh, CEO Brand Finance.

Selain Toyota, di urutan kedua yang mengejutkan datang dari Volkswagen yang naik 33 persen dengan nilai US$23,7 miliar. Sedangkan di posisi ketiga dan keempat ditempati BMW dan Mercedes-Benz dengan perolehan 23,2 persen dan 20,3 persen.

Disusul dengan merek otomotif lainnya, seperti Ford, Nissan, Honda, Porsche, Hyunda, Renault, Peugeot, dan Chevrolet.

Innalillahi, King Nassar Berduka Ayahanda Meninggal Dunia

Namun, dari semua industri yang telah dinilai, Toyota menduduki peringkat 15 jauh berada di bawah Apple, Samsung, dan Google. (asp)

Berikut merek otomotif paling berharga di dunia:

1. Toyota US$25,9 miliar

2. Volkswagen US$23,7 miliar

3. BMW US$ 23,2miliar

4. Mercedes-Benz US$20,3 miliar

5. Ford US$19,6 miliar

6. Nissan US$17,6 miliar

7. Honda US$16,1 miliar

8. Porsche US$11,2 miliar

9. Hyundai US$8,7 miliar

10. Renault US$8,4 miliar

11. Peugeot US$6,6 miliar

12. Chevrolet US$6,0 miliar

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya