Jajal Xeon RC, Motor Pesawat Tempur Yamaha

Desain rival Vario Techno 125 PGM-FI ini terinspirasi pesawat tempur.

Rabu, 27 Februari 2013, 17:31 Sandy Adam Mahaputra, Iwan Kurniawan
Yamaha Xeon RC
Yamaha Xeon RC (VIVAnews/Sandy Mahaputra)

VIVAnews - Yamaha Motor Indonesia berupaya mengejar penjualan di segmen matik yang tertinggal dari seteru abadinya, Honda. Kali ini, produsen berlambang garpu tala itu ingin tancap gas dengan skutik anyar 125 cc, Xeon RC.

Yamaha mengklaim motor ini lebih respostif dan lincah dari generasi sebelumnya. Untuk membuktikan hal itu, VIVAnews diberi kesempatan menjajalnya.

Sebelum mencicipi perfoma Xeon RC, ada baiknya untuk melihat desain dari rival Vario Techno 125 PGM-FI. Tampilannya memang cukup menarik, lantaran terinspirasi pesawat tempur F117-Nighthawk.

Itu bisa dilihat dari cover desain yang aerodinamik serta lampu belakang dengan konsep After Burner Jet Tail Lamp, dan sudah mengusung sistem lampu Automatic Headlight On (AHO).

Yamaha terbilang cukup berani memainkan dan mengkombinasikan warna terang di Xeon RC. Mulai di bagian bodi, jok, velg hingga shock breaker. Tak ketinggalan cover knalpotnya juga dibalut warna titanium.

Bagasinya kini lebih luas karena mampu menampung half face helm in. Key shutter memiliki tiga fungsi untuk menyalakan motor, pengamanan ganda dan pembuka bagasi.

Begitu naik di atas jok, mata langsung tertuju dengan fitur baru yang disematkan Yamaha, yakni Smart Lock System. Fitur ini dapat membantu saat pengereman di jalan menanjak atau menurun. Anda cukup menarik rem belakang (kiri), kemudian langsung tombol di pangkal pedal rem. Dengan begitu motor akan terkunci dan tidak menggelinding di trak curam.

Fitur baru lainnya adalah Smart Stand Switch, di mana jika standar samping dibuka, otomatis mesin motor akan mati. Pengendara juga diberi tahu melalui kedipan lampu di speedometer jika mesin belum dimatikan melalui kunci kontak.

Performa

Tenaga sudah bisa dirasakan pada bukaan bawah mesin, sehingga tidak perlu membetot gas cukup dalam. Cukup dipelintir sedikit, Xen RC sudah bisa melaju dengan cepat. Limpahan tenaga makin terasa begitu berada di putaran tengah ke atas. VIVAnews berhasil menggeber hingga kecepatan 110 km/jam di track lurus.

Mesin 125 cc yang menempel di Xeon RC ini memang sengaja diaplikasikan Yamaha dengan mengusung teknologi balap DiASil Cylinder dan Forged Piston.

Dengan penyempurnaan teknologi mesin 125 cc berpendingin cairan dan penambahan YMJET-FI semakin memperkuat tenaganya. Kini Xeon RC tenaganya mampu mencapai 11,4 PS dan torsi maksimumnya meningkat menjadi 10,4 Nm.

Handling

Beberapa tingkungan pendek dan panjang berhasil dilibas cukup baik, tapi sayangnya motor dengan panjang 1855 mm, 700 mm, 1070 mm ini memiliki bodi yang sangat ramping dan ban berukuran kecil. Sehingga sedikit 'melayang'.

Memiliki jarak terendah ke tanah yang tingginya mencapai 135 mm, membuat pengendara tidak perlu risau mentok melibas tanggul, lantaran terlalu ceper. Rem depan cakram dan belakang tromol di Xeon RC cukup mengigit ketika harus berhenti dari kecepatan tinggi.

Ayunan suspensi depan (teleskopnik) dan belakang (Unit swing, suspensi tunggal) bekerja cukup baik. Duduk pun terasa empuk tanpa mengurangi kenyamanan berkendara di jalanan berbatu dan bergelombang.

Kesimpulan

Secara keseluruhan performa motor yang dibanderol Rp15,1 juta OTR Jakarta ini cukup memuaskan. Hanya saja ketika Anda memiliki tinggi badan sekitar 178 cm, maka bagian pergerakan dengkul akan sangat terbatas lantaran mentok dengan bodi depan.

Ukuran ban juga masih kecil sehingga terkadang masih ada gejala limbung saat melewati tikungan dalam kondisi hujan. (ren)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com