Kandungan Lokal Motor Indonesia Capai 85 Persen

Pabrik Honda Motor
Sumber :
  • Astra Honda
VIVAnews -
Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans
Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mengklaim tingkat kandungan lokal motor produksi dalam negeri mencapai 85 persen. AISI akan terus mengembangkan industri komponen lokal Indonesia.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

"Sebanyak 85 persen sudah kandungan lokal, 15 persen baru dari luar," kata Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Gunadi Shinduwinata, di sela acara "Jelang Hari Ulang Tahun AISI ke-42" di Jakarta, Kamis malam 21 Februari 2013.
Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah


Gunadi memaparkan, saat ini, semua motor yang tergabung dalam AISI, yaitu Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, dan TVS telah menggunakan komponen lokal. "Dari desain produksi hingga perangkat produksi. Mulai dari piston hingga
gear
," katanya.


Ia mengakui, untuk meningkatkan penggunaan komponen lokal hingga 100 persen akan sulit, karena tidak satu pun negara di dunia yang memproduksi mobil dan motor 100 persen kandungan lokal.


Namun, ia berupaya untuk mengusahakan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) guna meningkatkan basis kandungan lokal. AISI juga meminta para anggotanya untuk terus melakukan pengembangan komponen lokal.


"Meski merek dari luar, tapi kandungan lokalnya sudah tinggi," tuturnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya