Jurus Jitu Merawat Velg

Jalan berlubang
Sumber :
  • astinastanti.blogspot.com
VIVAnews
Hasil Lengkap: Bayer Leverkusen Juara Bundesliga, Liverpool dan Arsenal Tumbang
– Velg merupakan salah satu ornamen penting pada sebuah kendaraan terutama pada mobil. Namun tak jarang, para pemilik mobil tidak terlalu menghiraukan kondisi velg meski telah terkena lubang atau tergores benda keras.

Maverick Vinales Rajai MotoGP Amerika 2024, Acosta Podium dan Marc Marquez Crash

Nah, bagi Anda yang memiliki mobil ada baiknya mengetahui cara menjaga atau merawat velg seperti yang dianjurkan Nieza, Manager Trijaya Ban 83 area Otista, Jakarta Timur.
Indonesia Tegaskan Ini ke PBB Respons Pecahnya Perang Iran Vs Israel


Menurut Nieza, di saat musim hujan ada baiknya para pemilik mobil mengecek kondisi tekanan angin ban. Jika cuaca panas lalu hujan, kondisi tekanan angin juga bisa cepat berubah dan membuat tekstur ban menjadi tidak sempurna.


"Kalau perlu sebulan sekali dicek tekanan angin jangan kurang jangan lebih. Karena ketika terkena lubang atau benturan keras ban dapat melindungi Velg," kata Nieza saat ditemui
VIVAnews
, Jumat 15 Februari 2013.


Lebih lanjut, Nieza mengatakan, jika mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi, dan terkena lubang hal itu dapat membuat velg menjadi penyok atau peyang, terkelupas bahkan retak. "Itu membuat laju mobil bisa tidak terkendali, berbahaya," katanya.


Adapun Jika velg mengalami kerusakan seperti di atas, konsumen dipastikan harus menservis velg dengan range harga Rp150 ribu (kerusakan ringan) sampai Rp600 ribu (kerusakan berat).


"Semua tergantung kerusakan, karena velg lecet atau peyang bisa di press dan dicat ulang. Kalau velg krom ya harus dikrom ulang. Kalau rusak sangat parah, mending beli velg baru," ucap Nieza.


Berikut tips untuk merawat velg ban:


Pertama
, jika ingin mencuci velg, harus menunggu kondisi velg sampai dingin. "Kalau setelah digunakan biasanya velg masih panas dan jika langsung dicuci bisa menimbulkan jamur. Jadi harus ditunggu sampai dingin," katanya.


Kedua,
ada baiknya jika velg kotor harus cepat dibersihkan. "Sampai sela-sela dibersihkan, pakai sikat kecil atau kuas," katanya.


Ketiga
, jika mencuci velg disarankan jangan menggunakan sabun colek. Karena itu dapat merusak kondisi velg, usahakan memakai sampo velg (khusus velg krom digunakan sampo khusus).


Keempat
, jika velg terkena aspal yang menempel, cara menghilangkannya jangan mengunakan air atau dikerok, melainkan menggunakan minyak tanah atau bensin setelah itu gunakan sampo khusus velg.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya