Perubahan dan Keunggulan Honda Scoopy Baru

New Honda Scoopy FI
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVAnews - Honda Scoopy FI langsung ditargetkan PT Astra Honda Motor (AHM) menjadi "Raja" di retro skutik Tanah Air. Produsen berlambang sayap itu mengklaim ada empat keunggulan yang ditawarkan Scoopy injeksi.

Scoopy FI mengalami beberapa perubahan terutama pada desain, mesin, dan fitur dari model sebelumnya. Apa saja?

Pada desain, skutik ini terdapat dua konsep, yaitu sporty dan stylish. Untuk sporty memiliki strip asimetri, sedangkan stylish lebih kepada konsumen yang ingin gaya dan keren.

Lengkap! Jadwal Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 Qatar

Di bagian lampu juga menggunakan project headlight, yang diklaim terobosan pertama di segmen skutik. Selain itu, lampu sein sekarang menyatu dengan bodi.

Untuk mesin, New Honda Scoopy FI dengan kapasitas 110 cc PGM-FI, dikatakan lebih bertenaga, irit, dan ramah lingkungan, karena telah disesuaikan standar emisi euro2. 

"Untuk jarak 56 kilometer bensin hanya dibutuhkan satu liter bensin, di mana sebelumnya 44,5 km," kata Presiden Direktur Astra Honda Motor, Yusuke Hori, saat peluncuran New Honda Scoopy FI di Jakarta, Rabu 6 Februari 2013.

Sementara itu, dari segi fitur, Scoopy anyar dibekali bagasi lebih luas atau enam kali lebih besar dari generasi sebelumnya, yaitu 15,4 liter.

Skutik ini dilengkapi juga dengan tombol jok (seat opener), yang menyatu dengan kunci kontak magnetic. Sebelumnya, fitur ini terdapat pada skutik premium Honda PCX.

Fitur-fitur lainnya seperti posisi bekendara lebih luas, tempat duduk lebar, step floor lebih besar, ruang lutut luas, dan tinggi tempat duduk lebih rendah.

Tak ketinggalan disematkan pula fitur keselamatan dan keamanan, seperti standar samping otomatis (side stand switch), dimana mesin tidak akan menyala jika posisi standar turun. Untuk keamanan, pengaman kunci bermagnet (magnetic key shutter) yang efektif mencegah pencurian.

New Honda Scoopy FI dipasarkan mulai Februari 2013 dengan harga Rp13,9 juta On the Road Jabodetabek. Dengan begitu, harganya naik Rp150.000 dari tipe lawas.

39 Unit SPKLU PLN di Sepanjang Tol Trans Sumatra Siaga Layani Pemudik, Ini Titik Lokasinya

Scoopy Karbu "Dibunuh"

Agustinus Indra Putra, General Manager Marketing Planning and Analyst Division Astra  mengatakan, pihaknya akan menghentikan produksi model Scoopy karburator.

"Akan kami stop, karena sudah ada versi terbaru (injeksi)," kata Agustinus kepada VIVAnews, pada kesempatan yang sama.

Menurut dia, jumlah Scoopy lawas saat ini sudah hampir habis. "Kalaupun masih ada itu paling sisa-sisa yang ada di dealer, satu bulan lagi juga habis," katanya. (art)

Zikir akbar di Istana Merdeka, Rabu malam, 1 Agustus 2018.

Seorang Pria Nekat Terobos Istana Negara di Malam Takbiran, Polisi Bilang Begini

Seorang pria diduga hendak terobos masuk kawasan Istana Negaea, Gambir, Jakarta Pusat pada Selasa 9 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024