Langkah-langkah Penting Saat Mobil Terjebak Banjir

Banjir di Kampung Melayu
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Hujan dengan intensitas tinggi tengah menguyur Jabodetabek. Banyak kendaraan bermotor, termasuk mobil, yang mogok akibat terjebak banjir.

Sebagai pengemudi, Anda mungkin langsung gelisah dan tak tahu harus berbuat apa bila mobilnya terjebak banjir. Namun ada beberapa cara yang perlu dilakukan agar riwayat mobil Anda tidak tamat.

Menurut teknisi bengkel Toyota, Parman Suanda, langkah pertama adalah mecabut aki. Itu penting agar mematikan semua sistem kelistrikan mobil, sehingga mencegah arus pendek (korsleting).

Setelah itu dorong mobil Anda ke tempat yang lebih aman dari banjir. Tapi ingat, mesin sebaiknya jangan langsung dihidupkan karena kondisinya mungkin sudah lama terendam air. Ada baiknya menunggu dulu hingga kering.

Langkah selanjutnya adalah cek komponen. Bagian kaki-kaki sangat rentan rusak. Kolong mobil pun terancam keropos. Bagian paling rawan lainnya adalah karet-karet sambungan kaki-kaki seperti pada ball joint dan tie road end.

Jika ditemukan sedikit saja sobek pada karet-karet penyambung di ball joint atau tie rod end, segera ganti. Sebab, dikhawatirkan pelumas yang ada di dalam karet terganti dengan air dan pasir yang membuat komponen suspensi rusak parah.

Jangan biarkan pasir menempel di kolong hingga berhari-hari. Maksimal 24 jam harus sudah dibersihkan, karena kandungan logam dapat menyebabkan timbulnya karat.

Terakhir adalah ganti oli. Setelah mesin terkena air banjir, sebaiknya oli transmisi diganti. begitu juga pelumas untuk gardan. (ren)

Hasbi Hasan Dituntut 13 Tahun Bui, Pengacara: Tak Rasional, Seperti Balas Dendam
Sekjen DPP Partai Golkar, Letjen TNI (Purn.) H. Lodewijk Freidrich Paulus

Sekjen Golkar Tegaskan Munas Tak Bisa Dimajukan Sebelum Desember 2024

Menurut Sekjen Golkar Lodewijk F Paulus, Munas yang dihelat Desember 2024 sudah diatur dalan AD/ART partai.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024