Yamaha Xeon Baru Jelmaan Pesawat Tempur

Yamaha Xeon
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Adam Mahaputra

VIVAnews - Yamaha Indonesia tak ingin kalah start di awal tahun ini. Mereka langsung tancap gas dengan meluncurkan prajurit elit baru dari motor matiknya, Xeon RC (Racing Champion).

Berlaku Progresif, Perjanjian Ekstradisi Indonesia-Singapura Bakal Libas 31 Pelaku Tindak Pidana

Motor 125cc injeksi itu kini hadir dengan desain lebih menarik dan aerodinamis. Tampilannya terinspirasi pesawat tempur F117-Nighthawk. Itu dapat dilihat dari desain cover depan dan head lamp. Ini merupakan matik premium dengan fitur terlengkap.

"Desainnya lebih keren, irit, dan lebih kencang. Harganya juga kompetitif," kata Presiden PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Yoichiro Kojima di Jakarta, Rabu 9 Januari 2013.

Xeon RC memiliki bobot yang lebih ringan dan ramping dibandingkan kompetitornya, yakni 3 kilogram.  Adapun jarak sumbu roda naik 5 mm, begitu juga jarak terendah ke tanah naik 10 mm. Ini menjadikannya lebih lincah bermanuver di jalanan.

Detail desain Xeon RC makin menarik dengan kombinasi pelek berwarna merah (khusus untuk varian warna merah), dan empat varian warna lainnya yaitu biru, ungu, hitam, dan putih memiliki wheel pin stripe, serta shock breaker belakang berwarna merah.

Jok dan kombinasi warna bodi Xeon RC menggunakan dua warna. Begitu juga sentuhan cover knalpot yang berwarna titanium.

Knalpot Xeon RC sendiri diadaptasi dari motor Yamaha T-Max. Bagasinya memberikan kenyamanan berkendara dengan half face helm in.

Tak ketinggalan disematkan fitur key shutter tiga fungsi untuk menyalakan motor, pengaman ganda, dan pembuka bagasi.

Ada juga fitur pengereman Smart Lock System yang praktis digunakan dan aman saat mengerem di jalan menanjak atau menurun.  Dilengkapi lagi dengan Smart Stand Switch yang berfungsi membantu kenyamanan berkendara.

Xeon RC memiliki teknologi balap dengan DiASil Cylinder dan Forged Piston. Dengan penyempurnaan teknologi mesin 125 cc berpendingin cairan dan penambahan YMJET-FI menaikkan tenaganya menjadi 11,4 PS dan torsi meningkat jadi 10,4 Nm.

Perubahan ini diklaim perusahaan menghasilkan akselerasi yang lebih spontan dan irit sekitar 20 persen.

100 People Still Missing in Moscow Concert Hall Attack

Turun Rp1 Juta
Yamaha Xeon RC 125cc injeksi itu dibanderol lebih murah Rp1 juta dari generasi sebelumnya. Diketahui, harga On the Road Jakarta Yamaha Xeon Rp16,050 juta, sedangkan versi terbarunya (Xeon RC)  Rp15,1 juta. "Harga ini dirasa cukup kompetitif dan tidak terlalu mahal ketimbang kompetitor," kata Direktur Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Dyonisius Beti.

Menurut Dyon, pertama kali diluncurkan Xeon memiliki pangsa pasar sekitar 30 persen. Namun, angka itu terus mengalami penurunan karena kompetitor mengeluarkan produk serupa dengan harga lebih murah. "Market shared Xeon di tahun lalu cuma 8 persen. Kami tahu di kelasnya, Xeon memiliki harga paling mahal. Sedangkan kompetitor lebih murah. Jadi untuk Xeon RC harganya kita sesuaikan," kata Dyon.

Yamaha menargetkan penjualan Xeon RC sebesar 5.000 unit per bulan, di mana versi sebelumnya hanya 3.000 unit per bulan.

Motor Honda BeAT di IMOS 2022

Honda BeAT Jadi Incaran Maling bukan karena Tidak Aman

Honda BeAT sebagai sepeda motor  jenis skuter matik terlaris di Indonesia, kerap jadi sasaran pencurian kendaraan bermotor. Salah satu faktor yang dianggap banyak orang m

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024