Pencipta Mobil Listrik Tucuxi Kecewa dengan Menteri Dahlan

Danet menolak bertanggung jawab terkait kecelakaan yang menimpa Dahlan

Minggu, 6 Januari 2013, 11:17 Aries Setiawan, Sandy Adam Mahaputra
Kondisi mobil 'Ferrari' milik Dahlan yang ringkek usai celaka
Kondisi mobil 'Ferrari' milik Dahlan yang ringkek usai celaka (ANTARA/ Siswowidodo)

VIVAnews - Danet Suryatama, pencipta mobil listrik Tucuxi, kecewa dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan yang baru saja mengalami kecelakaan saat mengendarai mobil tersebut. Kecelakaan terjadi di kawasan Magetan, Jawa Timur, Sabtu kemarin.

Danet kecewa karena mobil buatannya itu dibawa Dahlan ke bengkel Kupu-Kupu Malam pada Rabu 26 Desember 2012, untuk dibongkar dengan segala alasan. Salah satunya untuk penyempurnaan kendaraan.

"Kami tidak bermasalah apabila pembongkaran dilakukan bukan untuk dicontek atau direka-reka teknologi elektroniknya. Akan tetapi, kami sangat berkeberatan apabila mobil tersebut dibongkar tanpa seizin kami untuk dipelajari dan ditiru teknologinya dalam hal ini oleh Kupu-Kupu Malam dan Pihak Pak Dahlan, apalagi dengan mengundang pihak lain, dua dosen dari UGM, Jayan Sentanuhady dan Eka Firmansyah," tutur Danet dalam keterangan persnya kepada VIVAnews, Minggu 6 Januari 2013.

Padahal, lanjut Danet, pihaknya sudah memiliki perjanjian dengan Dahlan Iskan mengenai penjagaan terhadap hak cipta desain dan engineering. Juga dengan bengkel Kupu-Kupu Malam.

"Kami mempunyai bukti surat-surat perjanjian tersebut. Termasuk dengan komunikasi email serta BBM yang menyertai permintaan penandatanganan perjanjian tersebut," kata Danet.

Semua teknologi yang ada di mobil Tucuxi, kata Danet, adalah hak ciptanya yang telah dipatenkan. "Penelitian tentang mobil listrik inipun kami mulai sejak tahun 2004, jauh sebelum bertemu dengan Pak Dahlan," Danet menegaskan.

Danet mengaku memiliki foto-foto bukti pembongkaran yang dilakukan Kupu-Kupu Malam dan pihak Dahlan Iskan. Foto-foto tersebut diambil pada waktu pengambilan peralatan di lokasi bengkel Kupu-Kupu Malam pada tanggal 29 Desember 2012.

Mobil sekelas Ferarri itu, kini rusak parah saat diuji coba oleh Dahlan Iskan di wilayah Plaosan Magetan, Jawa Timur, Sabtu kemarin, 5 Januari 2013. Penyebabnya adalah rem tidak berfungsi dengan baik. [Baca: Kronologi Kecelakaan Mobil Listrik Dahlan Iskan]

"Karena kami tidak mempunyai akses ke kendaraan tersebut dan karena telah terjadinya pembongkaran serta penggantian peralatan dari mobil tersebut, kami dari Tim ElektrikCar menyatakan tidak bertanggung-jawab atas apa yang terjadi saat ini," kata Danet.

Meski begitu, kata Danet, Tim ElektrikCar turut prihatin atas terjadinya kecelakaan Tucuxi yang dialami Dahlan Iskan dan Ricky Elson. "Pada saat yang sama, kami juga menyampaikan rasa bersyukur terhadap Allah SWT atas keselamatan dari luka parah akibat dari kecelakaan ini," ucapnya. (umi)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
penyok
07/01/2013
wkwkwkkk.. ente, itu lah DAHLAN ISKAN anak buahnya si anak singkong CT, selesai ngoprek dana mengalir dri CT keuntungan buat pribadi. baru tau yah semua bobroknya DI.. wkwkwkkkk.. kemana aja. sidang aja langsung tentang kerugian negara saat dia menj
Balas   • Laporkan
penyok
07/01/2013
itu lah DAHLAN ISKAN anak buahnya si anak singkong CT, selesai ngoprek dana mengalir dri CT keuntungan buat pribadi. baru tau yah semua bobroknya DI.. wkwkwkkkk.. kemana aja. sidang aja langsung tentang kerugian negara saat dia menjabat dirut PLN
Balas   • Laporkan
dimyati
07/01/2013
DI simbul pejabat yg grusa-grusu/kesusu, tidak cermat, tidak teliti apalagi hati-hati, mulai dari membanting kursi di pintu tol (hasilnya sampai sekarang jalan tol tetap tidak ada perobahan)ocehan ttg anggota DPR yang jadi pemalak (kabarnya tdk terbukti?)
Balas   • Laporkan
penyok | 07/01/2013 | Laporkan
betul banget bro.. bobrok di DI sebenernya
urangbgr.andika
07/01/2013
Semangat sih boleh saja, tapi aturan tetap harus dipatuhi. Kalau melanggar aturan maka hukum harus ditegakkan, siapapn dia yang melakukan pelanggaran tsb. Pelanggaran terkait: sertifikasi, no pol, perjanjian dg pemilik paten dll. Usut tuntas pak Polisi ..
Balas   • Laporkan
dimyati | 07/01/2013 | Laporkan
Katanya mobil belum di uji kelayakan, tapi sdh punya nomor polisi (DI 19)pasti gak ada STNK apalagi BPKB tapi sudah "keluyuran di jalan umum", coba kalau pelakunya orang biasa pasti ditangkap dan dipenjara
samasaja | 07/01/2013 | Laporkan
Hampir semua produk DN hasil karya anak bangsa selalu terjegal secara misterius!!dari pesawat PTDI yg jatuh (CN250?)trus berhenti produksi, KRI KRIS yg terbakar, sampe Tucuxi. ADA APA INI? (kalo diliat siapa yg untung yg para pesaing Barat ya?)!!!
minadialgunawan
06/01/2013
mari kita ambil baiknya kita pelajari kekuranganya tak ada gunanya menyalahkan kiri dan kanan ayo maju bersama tuk kejayaan indonesia
Balas   • Laporkan
didik2000
06/01/2013
picik sekali si Danet itu, berarti dia kurang dewasa, namanya Hak Cipta itu akan dilindungi. dan saya yakin teknologi si Ganet itu juga hasil Copy-an dari luar negeri mobil itu akan diproduksi masal maka semua bakal melihatnya bung ???????
Balas   • Laporkan
penyok | 07/01/2013 | Laporkan
wkwkwkkk.. ente, itu lah DAHLAN ISKAN anak buahnya si anak singkong CT, selesai ngoprek dana mengalir dri CT keuntungan buat pribadi. baru tau yah semua bobroknya DI.. wkwkwkkkk.. kemana aja. sidang aja langsung tentang kerugian negara saat dia menj
raurusraimu
06/01/2013
Komment diatas sok semua padahal ga ada kemampuan apapun buat merubah negara ini menjadi lebih baik. ngomong kejelekan dan keburukan orang memang gampang tapi pernahkah anda berbuat hal nyata demi indonesia ??
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com