Mobil Murah Agya Ancam Kepopuleran Avanza

Perkenalan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVAnews - Tingginya minat konsumen terhadap mobil murah Toyota Agya tak hanya terjadi di Jakarta. Animo konsumen juga terjadi di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di dua daerah itu tercatat konsumen yang memesan Toyota Agya sudah mencapai 4.000 unit. "Hingga menjelang akhir bulan November ini setidaknya konsumen yang memesan sudah di atas 4.000 orang," kata Hartono Dinata, Marketing Division Head PT New Ratna Motor/Nasmoco Group--dealer resmi Toyota di Jawa Tengah dan DIY, Sabtu 24 November 2012.

Dia mengatakan calon konsumen yang ingin memesan Agya diharuskan membayar booking fee sebesar Rp5 juta.

Menurut Hartono, tingginya minta terhadap Agya berdampak pada menurunnya pemesan mobil paling laris Toyota saat ini, yaitu Avanza.

"Ketika Agya mulai diperkenalkan banyak konsumen yang tertarik dan menunggu mobil ini resmi dijual. Akibatnya konsumen yang inden Avanza mengalami penurunan meski tidak terlalu banyak," kata dia.

Diketahui, meski belum ada kepastian regulasi dari pemerintah soal mobil murah ramah lingkungan (LCGC), Grup Astra sudah lebih dulu meluncurkan dua model mobil murah yakni Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla di Jakarta.

Mereka nampaknya ingin jadi yang pertama ketika peraturan LCGC keluar. 'Adik' Avanza-Xenia bakal dibanderol mulai dari Rp75-100 jutaan. Soal konsumsi bahan bakarnya, citycar ini diproyeksikan mencapai 22–30 km/liter.

Toyota Agya yang berarti cepat dan Ayla yang artinya cahaya, dirancang oleh desainer asal Indonesia, yakni Mark Widjaja.

Selain Toyota dan Daihatsu, pabrikan lain seperti Suzuki, Nissan dan Honda juga telah siap menyodorkan mobil murah hasil racikannya.

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK
Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto. Muhammad AR/VIVA

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Ketua DPRD Kota Bogor mendorong agar pemerintah setempat memberi bantuan semacam "THR Lebaran" bagi 1.134 warga terdampak bencana tiga bulan terakhir ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024