Dua Mobil Ini Paling Bikin Puas Pelanggannya

Avanza keluaran 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra

VIVAnews - Toyota Avanza dan Rush meraih dua penghargaan sebagai kendaraan dengan indeks kepuasan pelanggan tertinggi untuk kategori MPV dan SUV di ajang Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) 2012.
 
Toyota dinobatkan sebagai pemenang ICSA 2012 untuk kategori MPV dan SUV setelah melalui beberapa tahap penilaian. SWA Sembada dan FRONTIER yang bekerja sama dengan SWANETWORK melaksanakan riset di 6 kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar. Tahap ini melibatkan lebih dari 7.500 responden terhadap sekitar 100 kategori produk, termasuk otomotif di dalamnya.

Dari hasil riset itu, Toyota memperoleh indeks kepuasaan pelanggan tertinggi. Survey kepuasan pelanggan tersebut dinilai dengan pendekatan Quality-Value-Image-Expectation, dan menghasilkan sebuah angka yang diukur dalam bentuk indeks.

Toyota memberikan pelayanan terbaik dari tahap pembelian hingga ketika pelanggan memiliki dan menggunakannya. Salah satunya, dengan program-program layanan purna jual. Jadi konsumen tak hanya puas ketika membeli kendaraan Toyota, namun juga setelah memiliki dan menggunakannya.

Marketing Director PT. Toyota Astra Motor, Joko Trisanyoto mengatakan penghargaan tahun 2012 menjadi lebih spesial, karena Toyota Avanza berhasil mempertahankan predikat kendaraan dengan indeks kepuasan pelanggan tertinggi dalam segmen MPV, seperti yang pernah diraih pada ajang yang sama tahun 2011.
 
Apresiasi positif terhadap Toyota Avanza dan Rush juga terlihat dari peningkatan respon pasar. Sepanjang Januari–September 2012, Avanza membukukan penjualan 140.206 unit. Sejak pertama kali resmi diluncurkan pada tahun 2004 lalu, secara total penjualan Toyota Avanza telah mencapai 843.071 unit dan memegang market leader untuk segmen 4x2 MPV dengan pangsa lebih dari 38 persen.

Sedangkan Toyota Rush membukukan penjualan 25.734 unit sepanjang Januari-September 2012, bertambah sebanyak 8.038 unit dari 17.696 pada periode yang sama tahun 2011. Secara year on year, penjualan Toyota Rush tumbuh secara signifikan sebesar 45,4 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2011 dan memimpin segmen 4x2 SUV dengan pangsa 27,7 persen. (eh)

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024