Review All New Chevrolet Aveo

All New Chevrolet Aveo
Sumber :
  • Google

VIVAnews - General Motor (GM) Indonesia baru saja meluncurkan mobil hatchback terbarunya, All New Chevrolet Aveo, pada 8 Agustus 2012 lalu. Dan kali ini, para jurnalis diberi kesempatan untuk menjajal langsung ketangguhan mobil lima penumpang tersebut.

VIVAnews pun menguji performa mobil yang dibanderol Rp168,8 juta (Manual/ LS), Rp178,8 juta (Manual/ LT) dan Rp193,8 juta (Otomatis/ LT). Tapi sayangnya, karena lokasi yang dipilih tidak terlalu besar yakni di kawasan Ancol, Jakarta Utara, VIVAnews tidak dapat terlalu membetot kecepatan Aveo secara maksimal.

Untuk menjajalnya, para jurnalis diberikan sebuah perlombaan, dengan mengadu kecepatan dan kekompakan untuk melakukan slalom di arena yang telah disediakan panitia dari GM Indonesia.

Sebelum masuk ke dalam Aveo, VIVAnews terlebih dahulu akan memberikan sebuah gambaran pada bagian eksterior Aveo yang memiliki panjang 4039 mm, lebar 1735 mm, 1517 mm.  VIVAnews sendiri berkesempatan menggunakan seri tertiggi yakni Aveo 1,4 AT LT.

Untuk eksterio Aveo 1,4 AT LT dan varian lainnya dilengkapi grill dual-port, yang menjadi ciri khas Chevrolet, desain yang agresif, serta lampu depan berdesain exposed headlamp yang memiliki kesan 3 dimensi, hanya saja untuk varian 1,4 AT LT dilengkapi velg alumunium 16 inci dengan ban 205/55.

Memasuki kabin dan duduk di belakang kemudi, jok sedikit keras, namun tetap nyaman, karena posisi jok sendiri dapat dinaik-turunkan sesuai keinginan si pengemudi, serta fitur tilt steering yang membuat  posisi kemudi makin nyaman.

Untuk interior, panel instrumen secara keseluruhan sangat sporty dan terlihat modern seperti speedometer, dan pengukuran rpm.

Sedangkan untuk audio, dentuman sudah sangat pas dan menggelegar. Hanya saja kecanggihan teknologi seperti koneksi usb tidak dilengkapi.

Selain itu, steering control dan sensor parking, yang tersematkan kompetitor sekelasnya tidak ada di Aveo, tapi secara keseluruhan untuk interior dapat dibilang cukup.

Untuk akselerasi Aveo 1,4 AT LT, dilengkapi mesin 1.4 liter DOHC Double CVC yang mampu menghasilkan tenaga 100 Ps pada  6.000 rpm dengan torsi 130 Nm pada 4.000 rpm. Mesin tersebut, dikawinkan dengan transmisi otomatis enam percepatan.

Tarikan awal Aveo varian ini tampaknya tidak terlalu cukup responsif, sehingga harus menekan lebih dalam dan sedikit lama. Namun, jika pedal diinjak lebih dalam, mobil ini memang dapat melesat cepat. 
Terlebih lagi transmisi otomatis yang juga memiliki tuas manual, membuat mobil ini dapat berakselerasi layaknya mobil manual.

Saat meliuk-liuk, mobil yang memiliki radius putar 5,25 m memang sangat gesit meski jarak putar di arena yang disediakan cukup sempit. Mobil yang diproduksi dari Thailand ini tetap lancar dan responsif.

Bahkan, saat trek lurus dengan kecepatan penuh diakhiri dengan belokan dan disusul putaran, slalom pun tak terelakan terlebih lagi saat rem tangan ditarik dan ban belakng pun langsung berdecit.

Secara keseluruhan Aveo 1,4 AT LT yang ditargetkan untuk anak muda ini, dapat diandalkan dan sangat mudah untuk dikendarai khususnya untuk daerah perkotaan seperti Jakarta.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League
Pj Gubernur Sumut, Hassanudin.(dok Pemprov Sumut)

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Kejuaraan North Sumatera Amateur Open (NSAO) 2024, kembali digelar oleh Persatuan Golf Indonesia (PGI) Sumut. Peserta berasal dari Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina,

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024