Perkasa di Mobil Murah, Terseok di Mobil Mahal

Range Rover Evoque
Sumber :

VIVAnews - Tata Motors Ltd menyatakan penjualan anak usahanya, Jaguar-Land Rover, turun 4,3 persen pada September. Ini merupakan penurunan pertama dalam 14 bulan. Perlambatan ekonomi global telah melemahkan permintaan kendaraan mewah.

Tata yang memiliki mobil paling murah sejagat mengatakan dalam sebuah pernyataan resmi, pengiriman mobil Jaguar dan SUV Land Rover turun menjadi 26.461 unit pada September, turun dari bulan sebelumnya 27.639 unit.

"Ini adalah penurunan pertama sejak Juli 2011," tulis pernyataan itu seperti dikutip laman Autonews, Selasa 16 Oktober 2012.

Perlambatan penjualan pada mobil mewah, yang menyumbang 72 persen dari pendapatan Tata Motors dalam tiga bulan yang berakhir Juni, menambah tekanan pada miliarder Ratan Tata, si pemilik raksasa otomotif India ini.

Penjualan Tata Motors, termasuk ekspor, turun 4 persen menjadi 75.773 kendaraan pada September. "Jika penurunan ini adalah awal dari sebuah tren baru, Tata Motors sangat khawatir, karena Jaguar-Land Rover telah menjadi sapi perahan," kata Deepesh Rathore, managing director IHS Automotive, konsultan bisnis yang berbasis di New Delhi, India.

"Jaguar-Land Rover akan membutuhkan model baru, karena mereka sudah terlalu banyak mengandalkan Evoque," tuturnya.

Evoque, model terlaris yang memiliki edisi khusus desain ciptaan mantan penyanyi Spice Girls, Victoria Beckham, mulai dijual pada September tahun lalu. Evoque menyumbang lebih dari 37 persen dari penjualan merek Land Rover pada kuartal yang berakhir 30 Juni. Ingin lihat video mobil rancangan istri David Beckham itu, silakan .

Di Amerika Serikat, sebuah titik terang terlihat, penjualan Jaguar-Land Rover naik 21 persen pada September, dan telah tumbuh 18 persen untuk tahun ini. Penjualan Jaguar AS naik 3 persen tahun ini, sedangkan Land Rover meningkat 24 persen.

Jaguar-Land Rover pada tahun ini berencana untuk berinvestasi 2 miliar pound sterling atau sekitar Rp30 triliun guna mengembangkan model baru dan memperluas pabrik.

Pengiriman mobil Jaguar dunia turun 49 persen menjadi 2.808 unit, penurunan bulanan terbesar sejak Tata Motors mulai mengonsolidasikan kinerja ini pada Desember 2009. Sementara itu, penjualan Land Rover meningkat 7 persen pada September, laju pertumbuhan paling lambat dalam 21 bulan.

Cak Imin Puji Militansi PKS di Pilpres 2024: 'Kalau Mau Berjuang Ya Hanya dengan PKS'

Boyong Nano ke AS
Tata Motors juga mengumumkan akan memboyong Tata Nano ke pasar Amerika Serikat dalam tiga tahun mendatang. Perusahaan kini tengah mendesain ulang mobil termurah sejagat itu.

"AS adalah pasar yang sangat menarik," kata Tata dalam sebuah wawancara seperti dikutip Autonews di Paramus, New Jersey, akhir pekan lalu.

Presiden PKS: Saatnya Pak Anies Mendukung Kader PKS untuk Maju di Pilkada DKI

Selama ini, Nano hanya dijual di India sebagai kendaraan pengganti sepeda motor. Saat ini, menurut Tata, AS dan Eropa tengah demam mobil kecil yang irit bahan bakar.

"Smart dan Fiat 500 memiliki harga tinggi, dan orang membeli mereka karena kecil," kata Tata saat pembukaan dealer Jaguar-Land Rover di AS beberapa waktu lalu. (art)

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan alias Zulhas di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan alias Zulhas buka suara soal pernyataan Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI Perjuangan, Komarudin Watubun soal status Presiden Jokowi dan Gibra

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024