IIMS Hambat Penjualan Mobil Bekas

Ilustrasi jual beli mobil bekas.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews – Ajang pameran mobil terbesar, Indonesia International Motor Show yang berlangsung 20-30 September memberikan berkah para penjual mobil baru. Namun, ini berbading terbalik dengan penjualan mobil bekas di Jakarta. Sebut saja, bursa mobil bekas yang terletak di WTC Mangga Dua, Jakarta, penjualan mereka rata-rata menurun.

Herjanto Kosasih, Senior Marketing Manager WTC Mangga Dua --perusahaan pengelola mal mobil bekas di Jakarta Utara-- mengatakan, meski IIMS hanya berlangsung 11 hari, penjualan mobil bekas turun hingga 10 persen.

“Evoria IIMS memang sangat dirasakan. Bahkan sebelum IIMS dimulai orang yang ingin membeli mobil bekas pilih menunggu. Mereka antusias dengan mobil-mobil terbaru,” kata Herjanto saat dihubungi VIVAnews, Rabu 3 Oktober 2012.

Herjanto mengakui bahwa konsumen Indonesia sangat unik. Ini karena masyarakat lebih menyukai mobil baru yang mengarah pada gaya dan mode.

Dampak IIMS, kata Herjanto, terlihat jelas beberapa jenis mobil bekas penjualannya menurun, tentunya yang model yang terbarunya muncul di IIMS. “Salah satunya Honda CR-V, masyarakat menunda membeli mobil SUV itu. Mereka memilih menunggu All New Honda CR-V di pameran,” kata Herjanto.

Meski demikian, Herjanto mengaku tetap optimistis penjualan mobil bekas akan tetap tumbuh, seiring dengan pertumbuhan pasar otomotif nasional.

Sebelumnya, Tarsus Group, perusahaan jasa pameran mobil bekas asal Inggris memprediksi Indonesia akan menjadi pemasok mobil bekas dunia pada lima tahun mendatang. Ini tak lain karena tingginya penjualan mobil yang disokong oleh pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat tajam.

"Indonesia akan memiliki pasar mobil bekas sangat besar," kata Group Managing Director Tarsus, Dauglas Emslie di Jakarta, Rabu 26 September. (adi)

Tak Kunjung Ketemu dengan Nikita Mirzani, Lolly Singgung Memperbaiki Diri
Daniel Mananta

Istri Dicopet hingga Barang Berharga Raib, Daniel Mananta Pilih Maafkan Pelaku

Kamera CCTV mengabadikan tindak pencurian itu, videonya kemudian diunggah Daniel Mananta ke Instagram pribadinya.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024