Indonesia Jadi Inspirasi Merek Mobil Ternama Dunia

Jeep Wrangler Mountain
Sumber :
  • Autoblog

VIVAnews - Pameran otomotif terbesar di Tanah Air, IIMS 2012 baru saja berakhir kemarin. Selama 10 hariĀ  produsen otomotif dunia saling unjuk kekuatan dengan produk terbarunya.

Tapi di balik itu semua ada suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Sebab, Indonesia ternyata menginspirasi banyak produsen otomotif dunia.

Banyak di antara mereka membuat mobil yang terinspirasi dari pemandangan alam hingga binatang khas Indonesia.

Jeep Mountain misalnya. PT Garansindo Inter Global--agen pemegang merek Jeep, Chrysler,dan Dodge di Indonesia, menghadirkan Jeep Mountain edisi khusus dari family Jeep Wrangler Sport yang terinspirasi pegunungan Puncak Jaya Wijaya di Papua.

Di kap mesin mobil ini tergambar siluet pegunungan Puncak Jaya Wijaya. Tak hanya itu, terdapat grafis koordinat garis lintang dan garis bujur dari Pegunungan tertinggi di Indonesia itu.

Uniknya lagi, Jeep Wrangler Mountain tidak hanya dijual di Indonesia tapi secara global. Lalu kenapa nama Mountain yang digunakan bukan Jaya Wijaya? Menurut Rieva Muchsin, Chief Marketing Officer PT Garansindo Inter Global, itu lakukan lantaran Orang Barat kesusahan menyebutkan nama Jaya Wijaya.

Bukan sekali ini Jeep terinspirasi Indonesia. Sebelum Mountain Jaya Wijaya, Jeep juga pernah membuat Jeep edisi khusus Bromo.

Nama dari Indonesia yang terbaru juga digunakan oleh produsen mobil asal Jerman, Porsche. Mereka menggunakan nama Macan untuk mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV).

Nama mobil lainnya yang ternyata terinspirasi dari bahasa Indonesia adalah Suzuki Ertiga. Suzuki Motor Corporation (SMC) Jepang mengatakan dahulu ketika masih dalam bentuk konsep, mobil jenis Multi Porpose Vehicle (MOV) dinamakan dengan nama rIII yang bila disebut dalam bahasa Indonesia akan berbunyi Ertiga.

Nama Ertiga dinilai cocok untuk mewakili karakter mobil tersebut. Er (huruf R) berarti Row (baris), tiga angka 3, kalau diartikan mobil dengan 3 baris tempat duduk. Ini sesuai dengan tagline Suzuki untuk menghadirkan mobil dengan 3 baris tempat duduk yang lapang.

Jelas suatu kehormatan, karena umumnya produk global menggunakan bahasa Latin, Spanyol, Jepang dan lainnya.

Nama lain yang cukup membuat Indonesia bangga adalah Madura. Nama pulau itu digunakan oleh produsen supercar asal Italia, Lamborghini. Mahasiswa Munich University, Slavche Tanevsky berkolaborasi dengan desainer Lamborghini dan Audi membuat Lamborghini Madura.

Madura diambil dari nama pulau yang terkenal dengan budaya karapan sapi, cocok dengan mobil yang berlambang banteng ini. Madura akan jadi mobil hybrid pertama Lamborghini pada 2016. (eh)

Melodi Bali Memukau New York: Navicula dan Endah N Rhesa Luncurkan Album "Segara Gunung"
Pengendara mobil kesal acara pernikahan tutup jalan utama

Curhat Pengemudi Mobil Jalur Mudik Ditutup Tenda Nikahan

Baru-baru ini terjadi di media sosial, seorang pengendara mobil curhat melalui sebuah video karena adanya sebuah gelaran pernikahan mewah.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024