OTOMOTIF

Saingan Avanza-Xenia dari Honda

Di segmen ini Avanza berhasil menjadi model terlaris sepanjang masa.
Rabu, 26 September 2012
Oleh : Hadi Suprapto
Model berpose di samping mobil Honda Brio pada pameran mobil di Indonesia International Motor Show di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis, 20 September.

VIVAnews - Pasar low MPV nasional akan diramaikan lagi dengan berbagai merek-merek baru. Selama ini Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia lah yang menguasai pasar segmen ini dan berhasil menjadi model terlaris sepanjang masa.

Salah satu yang sedang menimbang pasar adalah Honda. Rencananya, Honda akan menantang mobil keluarga di bawah Rp200 juta dengan menggunakan mesin Brio, mobil paling murah di jajaran Honda. "Kami sedang mengkaji," kata Direktur Marketing dan Purnajual Honda Indonesia Jonfis Fandy di Jakarta, Rabu 26 September 2012.

Dia mengatakan, kajian perlu dilakukan karena low MPV yang akan dikeluarkan ini sama sekali berbeda dengan MPV Honda sebelumnya.

Brio merupakan mobil kota dengan harga terjangkau. Menggunakan mesin Honda i-VTEC SOHC 1.3 liter, 4 silinder, Brio mampu menghasilkan tenaga 100 PS pada 6.000 rpm dan torsi 13 kg.m pada 4.800 rpm. Tenaga ini diklaim tertinggi di kelasnya.

Mobil yang diimpor utuh dari Thailand ini dipasarkan mulai dari Rp149 juta untuk terendah dan Rp170 juta untuk tipe tertinggi. Nah, dengan patokan itu, mungkinkah low MPV Honda dipasarkan sejajar dengan Avanza-Xenia dengan harga di bawah Rp200 juta? (umi)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found