Jawara Baru IIMS Siap Gempur Pasar Indonesia

Mobil Honda Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Ajang Indonesia International Motor Sport (IIMS) kerap ditunggu-tunggu pecinta otomotif Indonesia. Produk-produk baru dengan teknologi tinggi langsung dipamerkan di ajang yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta pada 20-30 September 2012.

Indonesia juga sudah jadi pasar yang diperhitungkan. Bayangkan saja, pabrikan sudah berani meluncurkan produk pertamanya di ajang ini. Kalau bukan karena pasar yang menarik, tak mungkin mereka berani bertaruh seperti ini.

Namun, dari sekian banyak mobil, VIVAnews merangkum beberapa produk jawara di ajang IIMS dan siap menggebrak pasar nasional. Berikut mobil-mobilnya:

All New Honda CR-Z
Kejutan baru dari Honda adalah CR-Z. Mobil hybrid sport ini menggunakan mesin i-VTEC 1.5 liter yang dikawinkan dengan teknologi baterai Integrated Motor Assist (IMA). Mesin itu bisa menghasilkan daya maksimal 120 PS pada putaran mesin 6.600 untuk tipe transmisi manual 6 percepatan, dan 118 PS pada putaran mesin 6.600 untuk tipe transmisi CVT.

Peranti IMA dilengkapi oleh baterai bertenaga 100 volt yang mampu menghasilkan 20 PS. Saat mobil berakselerasi, keduanya bekerja bersamaan. Namun pada saat melakukan manuver pengereman, daya yang dihasilkan oleh mobil disimpan pada peranti IMA berupa energi kinetik sehingga membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih irit. Pihak perusahan mengklaim konsumsi bahan bakarnya bisa tembus 20 km/liter.

Indonesia pun menjadi negara pertama di dunia yang menampilkan model ini kepada publik. Mobil sport ini ditawarkan Rp475 juta - Rp489 juta.


Subaru XV dan BRZ

Sebenarnya Subaru meluncurkan tiga produk sekaligus, XV, BRZ, dan All New Impreza. Namun dari tiga ini yang paling ditunggu-tunggu adalah XV dan BRZ. Impreza sendiri versi sebelumnya sudah pernah muncul di Indonesia.

BRZ merupakan kembaran Toyota 86 yang sejak awal tahun meluncur di Indonesia. Mobil yang dibangun bersama Toyota ini memiliki mesin Boxer 4U-GSE berkapasitas 2.0 liter. Mesin ini dikawinkan dengan teknologi D-4S dan disematkan transmisi 6 speed (otomatis dan manual). Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 200 PS pada 7.000 rpm dan torsi 205 pada 6.400 - 6.600 rpm.

Sedangkan XV adalah pesaing baru Honda CR-V yang sama-sama SUV dengan mesin 2.0 liter. Bedanya, mobil ini dilengkapi dengan penggerak seluruh roda (AWD).


All New Hyundai Santa Fee

Hyundai juga meluncurkan produk barunya All New Hyundai Santa Fee di ajang IIMS ini. Pabrikan Korea Selatan ini menghadirkan mesin baru berjenis diesel dengan perubahan interior dan eksterior berkelas Eropa. Fitur-fitur unggulan meliputi layar sentuh LCD 8 inch dengan sistem navigasi, sistem audio, konektor USB, kamera belakang, dan teknologi terbaru BlueLink - WiFi berkecepatan tinggi.

Generasi ketiga Santa Fee ini menggunakan mesin 2,2 liter CRDi yang bisa melepas tenaga 197 hp pada 3.800 rpm dan torsi 445 Nm pada 1800-2500 rpm. Hyundai melengkapinya dengan teknologi VGT (Variable Geometry Turbo) yang membuat tendangan tenaga dapat dirasakan di putaran bawah.

Mobil bertransmisi otomatis 6-speed ini dilempar ke pasar dengan harga Rp449 juta.

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I
Billy Syahputra

Dekat dengan Banyak Wanita, Billy Syahputra Gerah Sering Dijodohkan

Billy Syahputra mengaku sempat ‘gerah’ dengan komentar netizen yang selalu menjodoh-jodohkannya dengan wanita yang dekat dengannya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024