Teknologi Yang Bikin Mobil Gas Makin Canggih

tabung gas converter kit
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Mobil berbahan bakar gas masih terbilang jarang di jalanan Indonesia. Masalah infrastruktur yang minim hingga kekhawatiran gas bisa meledak setiap saat, menjadi penyebabnya.

Tapi ternyata mobil berbahan bakar gas kini semakin canggih. Berbagai inovasi pun terus dikembangkan, seperti yang dilakukan oleh perusahaan asalĀ  Italia, PT Autogas Indonesia (AGI). Mereka mempercanggih komponen mobil Bahan Bakar Gas (BBG) dengan alat yang diberinama Lovato Squential Injection Kit.

Bicara Soal Ruben, Jordi Onsu: Tidak Berkomunikasi juga Bukan Sama Aku Doang

Alat ini berguna untuk mengatur sistem kerja BBG atau ViGas. BBG adalah gas alam bertekanan tinggi, sedangkan ViGas atau LGV merupakan gas yang dicairkan seperti elpiji. Tapi kerjanya beda dengan komputer pengontrol (ECU) kendaraan bensin. Sebab, unit kontrol itu juga bisa melakukan perpindahan, kapan menggunakan BBG atau BBM, atau sebaliknya.

Tapi sayangnya, unit kontrol tersebut masih manual, pengendara harus menekan atau memindahkan tuas pada dashboard.

"Hasilnya, sistem pembakaran pada mobil akan selalu ada pada kondisi idealnya. Sehingga, adanya perpindahan bahan bakar dari bensin ke gas pun tidak akan terasa, karena mobil selalu berada pada performa idealnya," kata Thomas Nurhakim Direktur Utama PT Autogas Indonesia di booth Autogas JIExpo Kemayoran Jakarta, Senin 24 September 2012.

ECU Lovato Squential Injection merupakan seperangkat kit yang ditawarkan Autogas yang terdiri dari dua macam yakni, kit konverter untuk bahan bakar gas (BBG) dan kit untuk bahan bakar ViGas, dengan kisaran harga jual Rp12 juta.

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun
Bengkel motor viral di media sosial.

Pemotor Kaget ke Bengkel Ini Saat Maghrib, Netizen: Tau Kan Kenapa Mereka Bisa Seramai Ini Usahanya

Video viral ini berawal ketika motor seorang pengendara mengalami rantai putus saat waktu maghrib tiba, tepat di depan sebuah bengkel yang masih buka.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024