Parade Mobil Galak di IIMS

Mobil Jeep di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Perhelatan Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2012 tak hanya menyuguhkan mobil mungil berbanderol murah dan irit bahan bakar. Bagi mereka yang menginginkan tunggangan garang, ada baiknya menyambangi beberapa booth dengan koleksi mobil Sport Utility Vehicle (SUV) berpenampilan galak.

Chrysler misalnya, mereka menyodorkan SUV andalannya Grand Cherokee SRT8. Street Racing Technology (SRT) merupakan sebagai divisi modifikasi Chrysler. Grand Cherokee SRT 8 merupakan Jeep yang telah mengalami perubahan, baik pada sektor mesin, interior, maupun eksterior.

Mobil ini mengusung mesin V8 6.4 L dengan tenaga 470 hp pada 6.000 rpm dan torsi 630 nm pada 4.300 rpm. Mesin itu dikawinkan dengan transmisi 5 kecepatan yang dipasangkan pada paddle shift yang letaknya di belakang lingkar kemudi. SUV yang dijual Rp1,5 miliar belum termasuk pajak ini memiliki akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 4,8 detik.

Mobil garang lainnya yang juga berasal dari pabrikan Amerika Serikat, yakni Chevrolet Trailblazer VGT. VGT merupakan kependekan dari variable-geometry turbocharger. Teknologi ini memungkinkan baling-baling turbin yang didorong oleh gas buang mengalami perubahan sudut atau posisi sesuai dengan putaran mesin.

Tak mau kalah, kini giliran pabrikan asal Jepang, Toyota yang menghadirkan Toyota Fortuner VNT. Mobil ini dilengkapi turbocharger--merupakan teknologi mesin diesel dengan memanfaatkan gas buang untuk menggerakkan turbin kompresor, yang berfungsi menghisap udara dari luar dan memaksanya masuk ke ruang bakar, sehingga jumlah udara yang dimasukkan lebih besar dan performa meningkat.

Kemudian ada juga teknologi Variable Nozzle Turbocharger, di mana keunggulannya aliran gas buang yang mendorong turbin dapat diatur dengan mengkontrol arah nozzle (baling-baling) pada turbin secara elektronik, sesuai dengan putaran mesin.

Dengan posisi sudut nozzle yang bisa berubah, maka putaran turbin bisa lebih cepat pada putaran rendah, menengah, ataupun tinggi, sehingga udara yang dihisap bisa lebih banyak dan stabil. Ini mampu meningkatkan output mesin. Torsinya meningkat dari 26,5 kgm menjadi 35.0 kgm, dan power ikut terdongkrak dari 102 ps menjadi 144 ps. untuk mengetahui ulasan lengkapnya.

Grand New Fortuner VN Turbo Intercooler dengan transmisi manual dan otomatis dijual dengan dikisaran Rp387 juta hingga Rp421 juta. (umi)

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024
Calon Anggota Legislatif DPR RI dari Partai Demokrat, Fathi

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Partai Demokrat berhasil meraih satu kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat I (Jawa Barat), Kota Bandung dan Cimahi periode 2024-2029. Sebab, partai yang diketuai

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024