Mobil Teririt di Dunia Diluncurkan di Indonesia

Toyota Prius C di IIMS 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Adam Mahaputra

VIVAnews - Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan compact car hybrid, Prius C di perhelatan Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2012. Mobil yang di Jepang memiliki nama Aqua itu dijual Rp400 jutaan untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Prius C sudah bisa dipesan di IIMS. Tapi bersifat spot order dan harganya berkisar Rp400 jutaan," kata General Manager Technical Service Division Toyota Astra Motor, Dadi Hendriadi di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Senin 24 September 2012.

Mobil ini dibekali mesin 1.5-liter yang di desain yang eco-fun sehingga mampu memberikan kenikmatan dan keramahan berkendara. Untuk eksterior, Prius C ini dilengkapi dengan trapezoidal design grill, 4 halogen projector, fog lamp, hybrid mark, wireless door lock smart entry dan 15 inci disc wheel.

Mobil yang menyasar anak muda ini mengutamakan gaya berkendara yang ramah lingkungan. Prius C makin stylish dengan tambahan electric outer rear view mirrio, turn signal lamp, short pole antenna, small rear spoiler with hight mount stop lamp, model logo Prius C, Hybrid Synergy Drive (HSD) mark, rear combo lamp tail, serta rear view with luggage door open.

Interiornya juga semakin canggih dengan full color TFT multi information display, USB dan Aux connector, ECO mode button EV mode button, synthetic leather sear material, day night inside rear view miror, CD player, bluetooth, enam speaker dan AC control panel.

Prius C dibekali mesin bensin 1NZ-FXE dengan kapasitas ruang bakar 1.496 cc dengan tenaga 74 PS pada 4.800 rpm dan torsi 111 Nm. Mesin bensin itu dikawinkan dengan motor listrik yang memiliki tenaga hingga 45 kW (61PS) dan torsi 169 Nm (125. lb-ft). Jadi jika kedua mesin digabungkan bisa memproduksi 100 PS (73kW atau 98HP).

Prius C memiliki panjang 3,9 meter, lebih pendek dibandingkan dengan Prius yang mencapai 4,48 meter. Sedangkan efisiensi bahan bakar yang sangat luar biasa, yaitu 35 km/liter. Jauh lebih irit dari Honda Fit Hybrid, yang hanya 30 km/liter. Mobil ini diklaim paling irit di dunia.

Pengujian menunjukkan kombinasi tenaga mesin dan motor listrik bisa menghasilkan akselerasi halus dari diam ke 100 km/jam dalam waktu 10,7 detik. Sementara akselerasi di putaran menengah 40–70 km dicapai dalam 3,6 detik.

Mobil ini hadir dengan pilihan sembilan warna, diantaranya Silver Metallic, Super Red 5, Citrus Orange M.M, Lime White Pearl CS, Super White II, Black MC, Gray ME, Aqua M.M dan Blue M.E. "Hadirnya Prius C membuat mobil hybrid Toyota lebih beragam setelah sebelumnya ada Prius Camry hybrid. Prius C ini cocok untuk kalangan muda," kata Dadi. (umi)

Terima Kunjungan LBBP Jepang, Menaker Berharap Kerja Sama Ketenagakerjaan Indonesia-Jepang Meningkat
Bintang Emon dan Istri, Alca Octaviani

Gak Nyangka, Istri Bintang Emon Dinyatakan Positif Narkoba

Kabar ini lantas membuat Bintang Emon keheranan karena sang istri belum lama ini mendapatkan rekomendasi obat dari seorang apoteker.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024