Ingin Dengar Robot Bercerita dan Main Biola, Ini Tempatnya

Humanoid dan Robina
Sumber :
  • Toyota

VIVAnews - Ingin mendegar robot bercerita dan main biola? Sempatkan mengunjungi booth Toyota di 20th Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012, yang berlangsung pada 20—30 September 2012. Robot Toyota Robina akan manggung dan bercerita tentang banyak hal.

Robina adalah robot partner yang dapat membantu manusia dalam aktivitas sehari-hari, berkomunikasi, dan berinteraksi dengan manusia. Tak cuma menemani, Robina juga mampu menjalankan perawatan medis dan pekerjaan rumah. "Dengan teknologi kami, Robina mampu berfikir independen tanpa harus diperintah," kata General Manager Corporate Planning and Public Relation PT Toyota Astra Motor Widyawati Soedigdo pada ajang IIMS, Jumat 21 September 2012.

Robina akan ditemani Humanoid, robot yang bisa bermain biola. Humanoid menggunakan desain khusus sehingga mampu menggerakkan seluruh tubuh dengan sangat luwes dan dapat berjalan layaknya manusia.

Jari-jari dan pergelangan tangan juga didesain fleksibel dan dapat mengatur intensitas tekanan, sehingga Humanoid bisa memainkan biola. "Nantinya Humanoid akan membantu manusia dalam melakukan pekerjaan rumah maupun menjaga manusia," katanya.

Toyota mengembangkan Robina –robot beroda- sebagai pemandu pameran. Tugas pertamanya adalah memandu pengunjung Toyota Kaikan Exhibition Hall di Toyota City, mulai 27 Agusutus 2007.

Karena memiliki roda, Robina bisa bergerak bebas menurut keinginannya sendiri. Dia juga bisa berbelok jika ada penghalang di depannya. Jari-jari di kedua tangannya bisa disatukan untuk memegang pena dan membuat tanda tangan.  Toyota juga membuatnya agar bisa memahami beberapa gesture dan komunikasi verbal dari pengunjung.

Robina adalah buah dari program Toyota Partner Robots. Dengan mengaplikasikan keahlian Toyota di teknologi manufaktur dan kemampuannya menciptakan sesuatu yang baru, hadirlah robot-robot ini. Toyota Partner Robots bertugas membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari, seperti di rumah, di fasilitas kesehatan,  di pabrik  dan menjadi alat tranportasi personal untuk jarak pendek.

Dia juga memiliki kemampuan untuk mengenali gambar, termasuk name tag pengunjung. Robot setinggi 120 cm dengan berat 60 kg ini akan manggung setiap hari di booth Toyota di Hall D, JI-Expo, Kemayoran, Jakarta.
 (eh)

PlayStation 5 bikin Sony Semringah
VIVA Militer: Prajurit Puspenerbal TNI AL gelar latihan terbang malam

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Latihan terbang malam menggunakan Helikopter Bell 412

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024