Agya-Ayla Tinggalkan Logo Toyota dan Daihatsu

Perkenalan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Adam Mahaputra

VIVAnews - PT Toyota Astra Motor dan PT Astra Daihatsu Motor hari ini memperkenalkan hasil kolaborasi ketiganya, Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla. Sebelumnya, kedua anak usaha PT Astra International Tbk dan Toyota Motor Corporation ini pernah bikin kolaborasi sukses, Avanza-Xenia dan Rush-Terios.

Namun, kolaborasi ini sedikit beda dengan kakak-kakaknya. Bila mereka tetap mempertahankan logo Toyota dan Daihatsu, pada kolaborasi ini mereka menghilangkan logo perusahaan asal Jepang ini. Mereka juga menambah kata Astra di depan kata Toyota dan Daihatsu.

Pada Agya, logo Toyota di kap mesin berubah menjadi burung garuda, sedangkan pada Ayla hanya huruf A. Lalu, mengapa mereka tak mempertahankan logo lingkaran T dan lingkaran D?

"Dalam peraturan Low Cost and Green Car (LCGC) diharuskan menggunakan nama dan logo Indonesia," kata Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Johnny Dharmawan pada perkenalan Agya-Ayla di Jakarta, Rabu 19 September 2012.

Toyota mengaku menggunakan logo garuda karena Agya sendiri dalam bahasa sansekerta artinya cepat, sedangkan logo garuda melambangkan Indonesia.

Sedangkan bagi Daihatsu, huruf A berarti simbol dimulainya kehidupan. "Ini bisa dikatakan awal seseorang memiliki mobil dari sebelumnya hanya memiliki motor," kata Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Chandra.

Memang, Astra Daihatsu Ayla ditujukan untuk keluarga kecil yang baru bisa memiliki mobil. Sedangkan skenario pemasaran, mirip pada Avanza dan Xenia. Agya akan menyasar segmen atas, sedangkan Ayla di bawahnya.

Astra Toyota Agya dan Astra Ayla akan diproduski di pabrik baru PT Astra Daihatsu Motor di kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur. Pabrik baru ini menurut rencana akan selesai dibangun pada Oktober tahun iini dengan kapasitas produksi mencapai 100.000 unit per tahun saat sudah berjalan penuh. (sj)

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024