Benarkah Agya-Ayla Dibandrol Rp75 Juta?

Daihatsu menyasar ke menengah bawah sedangkan Toyota menengah atas.

Rabu, 19 September 2012, 10:31 WIB Hadi Suprapto, Herdi Muhardi , Sandy Adam Mahaputra
A-Concept, cikal bakal mobil murah Daihatsu di Indonesia yang pernah dipamerkan pada IIMS tahun lalu
A-Concept, cikal bakal mobil murah Daihatsu di Indonesia yang pernah dipamerkan pada IIMS tahun lalu (Istimewa)

VIVAnews - PT Astra International Tbk, induk usaha PT Toyota Astra Motor dan PT Astra Daihatsu Motor, memastikan harga Toyota Agya dan Daihatsu Ayla memadai sesuai kantong masyarakat Indonesia. Ini karena dua mobil murah ini masuk dalam program mobil murah pemerintah, Low Cost and Green Car (LCGC).

"Dan kami masih menunggu peraturan itu keluar," kata Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto di Jakarta, Rabu 19 September 2012.

Seorang sumber VIVAnews yang mengetahui perkembangan pembahasan peraturan itu, pemerintah masih belum sepakat menentukan harga dari mobil murah itu. Namun, dia memastikan harganya tak bakal lebih dari Rp100 juta.

Seorang sumber di salah satu perusahaan itu mengatakan, citycar Agya-Ayla memang diplot untuk menyasar konsumen pembeli mobil pertama. 'Adik' Avanza-Xenia ini bakal dibanderol mulai dari Rp75-100 jutaan. "Untuk varian terendah tidak ada AC dan audio system. Kaca mobilnya juga belum elektrik. Sedangkan untuk tipe tertinggi semua fitur itu ada," katanya.

Kedua mobil itu bakal diproduksi di pabrik Astra Daihatsu Motor, Sunter, Jakarta Utara. Adapun untuk dapur pacunya, ditengarai mengusung mesin bensin tiga silinder berkapasitas 1.000 CC VVT-I dengan daya maksimal 68 hp dan torsi 93 Nm.

Kelak kedua mobil yang akan diberi nama Daihatsu Ayla dan Toyota Agya itu, memiliki segmen berbeda. Daihatsu menyasar ke menengah bawah sedangkan Toyota menengah atas, sama halnya dengan Avanza dan Xenia.

Soal konsumsi bahan bakarnya, citycar ini diproyeksikan mencapai 22–30 km/liter. Mobil mungil tersebut juga mempunyai tingkat kenyamanan yang baik.

Untuk Daihatsu Ayla kemungkinan besar akan memiliki lima pilihan tipe. Mulai dari terendah, menengah hingga tertinggi (transmisi manual dan otomatis). Diprediksi untuk harga Ayla versi terendah akan dibanderol Rp75 juta, sedangkan versi tertingginya sekitar Rp100 juta.

Mobil murah dan ramah lingkungan hasil kolaborasi ketiga antara Toyota Astra Motor dan Astra Daihatsu Motor (setelah Avanza-Xenia dan Rush-Terios) siap dipamerkan diperhelatan Indonesia Internasional Motor Show, 20-30 September.


© VIVA.co.id   |   Share :  
Rating
KOMENTAR
batubata
19/09/2012
anak gila dan anak alay wkwkwk....
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
ON THE SPOT
ETALASE
Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Kode Etik | Lowongan
Copyright © 2014 PT. VIVA Media Baru