Pertempuran Rebut Titel Mobil Terlaris Dunia

Chevrolet
Sumber :
  • REUTERS/ Adnan Abidi

VIVAnews - Toyota berhasil menyingkirkan General Motors dari tahta tertinggi sebagai penguasa mobil dunia. Pada semester pertama tahun ini, Toyota berhasil menjual 4,97 juta unit di seluruh pasar dunia.

Sedangkan General Motors hanya mencatat penjualan 4,67 juta unit. Dilansir Inautonews, Kamis 26 Juli 2012, keberhasilan Toyota peningkatan penjualan di pasar China dan Asia Tenggara. Penjualan itu otomatis mengerek penjualan produsen asal Jepang itu secara global.

Di sisi lain, Toyota bukan berarti tidak mengalami masalah. Penguatan nilai tukar mata uang Yen terhadap dollar Amerika Serikat juga menjadi kendala dalam hal penjualan.

Adapun General Motors (GM) harus puas posisinya digeser Toyota. Krisis ekonomi yang melanda Eropa membuat penjualan mereka tidak setokcer semester pertama tahun lalu.

Beruntung penjualan GM tidak terlalu melorot lantaran ditopang oleh merek utamanya, yakni Chevrolet yang berhasil mengangkat penjualan terutama di China.
 
"Toyota mengalami rebound yang mengesankan. Tapi yang lebih terpenting bagaimana mengejar angka profitabilitas," kata Chizuko Satsukawa, Analis Standard & Poors yang berbasis di Tokyo, Jepang.

Menurutnya pada semester pertama 2012, terjadi pertarungan yang begitu kuat antara produsen mobil Jepang, Amerika dan Eropa. (umi)

Babak Baru Kasus Hoax Rekaman Forkopimda, Palti Hutabarat Diserahkan ke Kejaksaan
Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda berbicara kepada wartawan di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 2 Maret 2023.

PKB Sebut Suara Parpol AMIN Belum Cukup Loloskan Hak Angket, PDIP Ditunggu Sikapnya

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB DPR RI, masih menunggu sikap resmi dari PDIP, untuk menggulirkan hak angket DPR, guna menyelidiki dugaan kecurangan Pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024