Persaingan Sengit Berebut Pasar Honda Jazz

Lalu apa saja mobil hatchback paling laris di Tanah Air?

Jum'at, 22 Juni 2012, 17:16 Sandy Adam Mahaputra
New Honda Jazz
New Honda Jazz (VIVAnews/Muhamad Solihin)

VIVAnews - Persaingan pasar hatchback (sedan tanpa ekor) nasional terbilang cukup ketat dan ramai peminat. Sebab, mobil jenis ini paling cocok untuk beberapa negara dengan tingkat kepadatan penduduk dan kendaraan yang tinggi, seperti Indonesia.

Para produsen mobil pun berlomba-lomba menghadirkan mobil hatchback dengan berbagai fitur menarik guna menjerat calon pembeli. Tak cuma sekedar praktis dan irit bahan bakar. Mobil jenis ini juga harus lincah, nyaman, serta aman.

Lalu apa saja mobil hatchback paling laris di Tanah Air?

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota Yaris sukses memimpin pasar hatchback Indonesia dengan membukukan penjualan sebanyak 9.990 unit sepanjang bulan Januari-Mei 2012. Penjualan tertinggi Yaris terjadi pada bulan lalu yakni 2.698 unit.

Sedangkan kompetitor terkuatnya, Honda Jazz harus puas diperingkat kedua. Tersedatnya pasokan Jazz akibat banjir Thailand akhir tahun lalu, membuat penjualan terganggu. Itu terlihat ketika Januari lalu, Honda Jazz hanya terjual 2 unit.

Namun seiring pulihnya pasokan, Jazz mulai kembali menunjukkan tajinya. Pada bulan lalu mobil ini berhasil terjual 2.344 unit dengan total penjualan sepanjang 2012 sebanyak 6.565 unit. 

Diketahui, pada tahun lalu Jazz menjadi Raja pasar hatchback Tanah Air, dominasinya sulit digoyahkan pesaing lainnya. Tapi hantaman banjir Thailand membuat tahta itu direbut oleh Yaris.

Di posisi ketiga menjadi milik produsen Amerika Serikat, Ford. Jagoan mereka, Fiesta mampu terserap pasar sebanyak 2.622 unit, di mana penjualan bulan lalu 497 unit.

Pabrikan Jepang lainnya yakni Mazda harus puas di tempat keempat. Mobil yang juga menjadi tulang punggung mereka, Mazda2 berhasil terlego 1.642 unit (Januari-Mei 2012).

Penjualan Mazda2 sempat melorot dari 491 unit (April) menjadi 296 unit (Mei) pada bulan lalu yakni 254 unit. Tak tinggal diam, pada pertengah bulan ini mereka langsung melakukan penyegaran desain pada Mazda2 dengan harapan bisa mendongkrak penjualan di tengah persaingan yang ketat.

Sedangkan posisi selanjutnya masing-masing diisi oleh KIA All New Rio (1.349 unit), Hyundai Grand Avega (996 unit), Suzuki Swift (978 unit), Nissan Livina X-Gear (850 unit)--total penjualan Januari-Mei 2012. (eh)

 



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com