Adu Hebat Mobil Listrik Naiki Gunung

Toyota Motorsport GmbH
Sumber :
  • technologicvehicles.com

VIVAnews - Satu ajang balapan mobil listrik akan digelar di Colorado, Amerika Serikat, 8 Juli mendatang. Uniknya, ajang Pikes Peak International Hill Climb ini tidak dilakukan di sirkuit, melainkan menyusuri pengunungan hingga mencapai puncak Pikes Peak.

Toyota, dalam laman resminya, menyatakan akan menerjunkan Toyota Motorsport GmbH EV P002. Mobil listrik peforma tinggi terbarunya ini akan bersaing dengan aneka jenis mobil dari seluruh dunia.

Toyota Motorsport GmbH menghabiskan berbulan-bulan untuk mengembangkan EV P002. Model ini merupakan penyempurnaan dari TMG EV P001, pemegang rekor kecepatan untuk mobil listrik di sirkuit Nürburgring Nordschleife tahun lalu.

Juara rally di Jepang, Fumio Nutahara, rencananya akan mengendarai mobil balap ini. Nutahara akan mengendalikan mobil dua axial flux motor yang bisa memproduksi daya hingga 350kW. Sedangkan kecepatan maksimal yang diharapkan bisa mencapai 240km/jam dengam konfigurasi Pikes Peak.

Balapan start dari ketinggian 2.800 meter di atas permukaan laut dan mencapai puncak 4.300 m. Di ketinggian itu mobil konvensional akan mengalami kesulitan, karena oksigen menipis sehingga pembakaran tidak sempurna. Namun bagi motor listrik itu tidak jadi masalah. Motor listrik tetap memberikan peforma maksimal di ketinggian seperti itu dengan tetap memberikan torsi puncak 900 Nm.

TMG EV P002 sudah diuji coba di Sirkuit Paul Richard, Prancis. General Manager Electric & Electronics Ludwig Zeller menilai balapan Pikes Peak adalah tempat ideal untuk menunjukkan teknologi motor listrik Toyota.

"Teknologi motor listrik di motorsports masih dalam fase pengembangan, namun lewat proyek-proyek seperti ini, TMG membangun fondasi untuk mobil-mobil peforma tinggi di masa depan," tutur Zeller. (eh)

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini
Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono Putro

Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 

Arema FC dalam catatan buruk di dua laga terakhir Liga 1. Teranyar mereka dipecundangi Persebaya Surabaya dengan skor 0-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024