FOTO: Supercar Hebat yang Terlupakan

Supercar Zero Dome
Sumber :
  • Carbuzz

VIVAnews - Bisa memproduksi supercar sudah pasti menjadi kebanggaan tersendiri bagi para produsen otomotif dunia. Meski sebenarnya mereka melakukan "perjudian" dengan taruhan tinggi ketika membuat supercar.

Bila penjualan supercar itu berhasil, pasti keuntungan besar bisa diraup. Namun sebaliknya, jika respons pasar tidak positif, mobil ini siap masuk gudang perusahaan dan menjadi warisan kelabu.

Lalu, apa saja supercar yang gagal di pasaran, bahkan sudah terlupakan di industri otomotif?

Pertama, adalah Zero Dome. Supercar ini pertama kali dipamerkan di Geneva Motor Show 1978. Zero Dome merupakan racikan sang miliarder eksentrik Minoru Hayashi. Sayangnya, mobil itu gagal tes homologasi di Jepang. Proyek ambisius Hayashi pun terbengkalai begitu saja.

Kedua, Commendatore 112i yang tenar dalam video game "Need for Speed II". Mobil ini dirancang oleh perusahaan Jerman, Isdera pada 1993. Mobil berbobot 1.450 kg ini, mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 4,7 detik.
Supercar yang memiliki desain pintu gull-wing ini dapat melesat hingga 343 km/jam. Tapi, lagi-lagi fitur yang dimiliki tidak mampu memikat pasar. Supercar tersebut lenyap begitu saja.

Ketiga, Panther Six. Mobil yang memiliki enam roda ini dibangun pada 1977. Di balik bonnetnya terbenam mesin Cadillac V8 8.2 liter twin turbo, yang dapat membawanya berlari hingga 322 km/jam.

Supercar ini hanya dibuat 2 unit, warna hitam dan putih. Hanya satu unit mobil terlihat di Timur Tengah saat NEC Classic Car Show 2008.

Keempat, Monteverdi Hai 450s. Awalnya, mobil yang juga dibuat dua unit ini diplot untuk menandingi Lamborghini, Ferrari, dan Maserati.

Mobil ini dipersenjati mesin Chrysler Hemi V8 7.0 liter, yang menghasilkan tenaga 456 PS dan kecepatan tertinggi 290 km/jam. Belakangan, perusahaan Jerman yang memperkenalkan mobil itu memutuskan untuk tidak lagi memproduksinya.

Soal Konflik Israel-Iran, Airlangga Cermati Dampak ke Sektor Logistik Minyak Mentah Dunia

Pengakuan Jay Idzes soal Lemparan Maut Pratama Arhan

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Nobar Kreatif di Dunia Digital Sejak Dini

(art)

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

LSI merilis temuan terbarunya terkait dinamika Pemilu 2024, salah satunya tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Jokowi mengalami kenaikan, yakni 76,2 persen.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024