Yamaha, Motor Injeksi Terlaris

Teknologi FI Yamaha memberikan keuntungan bahan bakar lebih hemat di atas 30 persen.

Rabu, 30 Mei 2012, 18:52 Sandy Adam Mahaputra
Yamaha Soul GT
Yamaha Soul GT (Sandy Adam Mahaputra/VIVAnews)

VIVAnews - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memimpin penjualan motor injeksi di Tanah Air. Setelah motor injeksi pertamanya V-Ixion berhasil memimpin motor sport nasional, mereka kini merambah ke segmen matik, seperti Yamaha Mio J dan Soul GT.

Kedua skutik ini telah menggunakan sistem injeksi Yamaha yang dikenal dengan nama YMJET-FI (Yamaha Mixture JET-Full Injection), yakni teknologi injeksi terbaru yang telah disempurnakan.

"Saat ini, kami memimpin penjualan motor injeksi. Itu berkat kontribusi dari V-Ixion, ditambah lagi kehadiran Mio J dan Soul GT," kata Asisten General Manager Service Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, M. Abidin di acara Workshop YMJET-FI di Jakarta, Rabu 30 Mei 2012.

Meski sama-sama menggunakan sistem injeksi, ada perbedaan yang dimiliki antara motor sport, matik ataupun jenis bebek.

"YMJET-FI ini hanya untuk motor matik. Teknologi ini bertujuan untuk membuat irit konsumsi bahan bakar pada motor matik. Selama ini, jenis Mio dianggap memiliki konsumsi bahan bakar yang boros, tapi dengan teknologi ini bisa lebih irit," kata dia.

Tidak menutup kemungkinan jika teknologi YMJET-FI ini digunakan pada motor sport dan bebek. Tapi, dia melanjutkan, harganya akan jauh lebih mahal.  "Motor sport dan bebek itu sudah dikenal irit, karena bisa diatur buka tutup gas oleh perpindahan gigi," tambahnya.

Sementara itu, untuk matik, buka tutup gasnya tergantung pedal gas yang dimainkan. Jika terus digeber, bahan bakarnya akan boros.
 
Lebih lanjut, teknologi Full Injection yang dimiliki Yamaha memiliki keuntungan akselerasi dan tenaga mesin yang sangat baik, konsumsi bahan bakar akan jauh lebih efisien dan emisi gas buang lebih ramah lingkungan. Teknologi FI Yamaha memberikan keuntungan bahan bakar lebih hemat di atas 30 persen.

V-Ixion yang diluncurkan 2007 menjadi motor sport paling laris di Indonesia. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), ada peningkatan penjualan V-Ixion pada April sebanyak 10 persen, dari 22.886 unit menjadi 25.097 unit.

Sementara itu, dua skutik injeksi Yamaha lainnya, Mio J dan Soul GT masing-masing terjual 71.603 unit serta 35.052 unit pada April lalu. (art)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com