Intip Calon-calon Sepeda Motor Baru untuk RI

Suzuki GW 250
Sumber :
  • motorcycle.com

VIVAnews - Pasar motor nasional akan kembali dipenuhi berbagai produk baru dari pabrikan ternama dunia. Mulai dari tipe skutik, bebek, hingga sport siap hadir memenuhi kebutuhan para konsumen.

Bale Santai Honda untuk Pemudik Motor Tersedia di KM 35 Serang

Kehadiran calon-calon motor terbaru ini sekaligus mempertegas para produsen motor untuk migrasi ke teknologi injeksi. Sebab, Indonesia akan menerapkan emisi gas buang euro 3 pada 2014.

Dimulai dengan Honda, produsen berlambang sayap ini siap meluncurkan skutik premium terbaru, Honda PCX 150, pada semester kedua tahun ini. Motor ini diimpor secara utuh (CBU) dari Thailand.

Terpopuler: Pemotor yang Mudik akan Dikawal, 2 Motor Baru Honda di Indonesia

Sesuai namanya, PCX 150 merupakan kelanjutan dari PCX 125. Dengan naiknya kapasitas, mesin yang kini dilengkapi teknologi eSP (Enhanced Smart Power) dapat menghasilkan tenaga yang makin besar namun tetap irit bahan bakar. Lihat spesifikasi detail di sini.

Bagi Anda yang suka motor Sport, Suzuki juga siap meluncurkan jagoan terbarunya. Motor yang diberi nama Suzuki GW250, diplot oleh produsen berlogo 'S' ini guna meredam dominasi motor sport dari Yamaha, Honda, dan Kawasaki.

Naik Motor Honda di Miniatur Alas Purwo Bernuansa Mistis, Berani Coba?

Suzuki GW250 memang lebih dulu diluncurkan di China, Eropa dan Amerika. Motor sport yang di dunia memiliki dua nama, yakni Suzuki Inazuma dan GW250 rencananya akan diluncurkan padat tahun ini. Namun, Suzuki Indomobil Sales (SIS) belum mau membeberkan kapan waktu peluncurannya. Klik tautan ini untuk mengetahui spesifikasi detail GW250.

Selain motor sport, Suzuki ditenggari siap meluncurkan Nex injeksi pada tahun ini. Nex injeksi tidak lagi mengusung Dischare Pump Fuel Injection (DCP-FI). Teknologi yang pernah diaplikasikan pada Suzuki Shogun 125--menggabungkan throttle body dengan fuel pump dan regulator debit bahan bakar.

Gantinya, fuel pump akan tetap di tangki. Keuntungannya, komponen pada injeksi terbaru bisa diganti per item. Memudahkan saat terjadi kerusakan karena tidak harus menggantinya dalam bentuk full assy.

Pertempuran motor sport pada tahun ini akan semakin sengit. Kini giliran Bajaj Auto Indonesia (BAI) yang siap menyodorkan varian terbaru Pulsar 200 NS di Indonesia.

Pulsar berteknologi tiga busi ini telah didaftarkan di Kementerian Perindustrian. Motor sport bermesin 200 cc yang mengusung teknologi KTM asal Austria terdaftar dengan nomor TPT 809/IUBTT/TPT/4/2012 (30110), diuji sebanyak satu unit, dengan kapasitas mesin 199,5 cc.

"Di Indonesia Pulsar 200 NS akan dipasarkan pada penghujung tahun, Oktober atau Desember," ujar Dinesh Kulkarni, Vice President Director BAI, beberapa waktu lalu.

Bajaj 200 NS mengusung konsep muscle DNA (motor-motor berotot), dengan suspensi tunggal pada bagian buritan. Lihat spesifikasi detailnya di sini.

Beralih ke motor bebek, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mulai membocorkan mengenai peluncuran produk terbarunya yakni Jupiter Z injeksi.

Motor bebek yang mengadopsi teknologi YM-JET FI atau sistem injeksi andalan Yamaha, rencananya akan diluncurkan akhir tahun ini. Dengan YM-JET FI, motor akan memiliki performa tinggi dengan konsumsi BBM yang dirancang lebih irit 30 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya