Tarik Dua Tipe Mobil, Daihatsu Rogoh Rp15 M

Total jumlah Sirion dan Gran Max yang ditarik dari pasaran 51.930 unit.

Selasa, 29 Mei 2012, 15:57 Sandy Adam Mahaputra
Daihatsu Sirion
Daihatsu Sirion (VIVAnews/Sandy Adam Mahaputra)

VIVAnews - Astra Daihatsu Motor (ADM) menyiapkan dana sebesar Rp15 miliar untuk biaya perbaikan komponen dua variannya, Sirion dan Gran Max, yang ditarik dari pasaran. Total mobil dari kedua varian yang terkena recall sebanyak 51.930 unit.

"Jika seluruh unit mobil yang ditarik datang ke bengkel untuk diperbaiki. Maka biaya yang dibutuhkan Rp15 miliar. Saya rasa dana ini cukup, dan konsumen tidak akan dikenakan biaya apa pun untuk perbaikan," kata Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor di Jakarta, Selasa 29 Maret 2012.

Menurutnya pemilik Sirion dan Gran Max yang terkena recall hampir 50 persen lebih berada di Jakarta. "Pengguna Sirion 60 persen di Jakarta, sisanya di kota-kota besar lainnya. Sedangkan Gran Max 50 persen juga berada di Jakarta," ujar Amelia.

Pemilik kendaraan Daihatsu yang yang terlibat dalam recall ini cukup menghubungi Daihatsu Access (kode area) 500898 untuk mengatur jadwal pemeriksaan ke bengkel terdekat.

Tidak akan dikenai biaya apapun untuk pemeriksaan maupun penggantian part recall tersebut. Program recall akan berlangsung selama satu tahun, terhitung hari ini hingga 28 Mei 2013.

Seperti diketahui, berdasarkan hasil evaluasi DMC, pada Gran Max ditemukan munculnya potensi keretakan di bagian dudukan ban cadangan yang terletak di bagian belakang bawah kendaraan.

Sementara pada Daihatsu Sirion, ditemukan tetesan air yang keluar dari selang pembuangan air AC yang menetes mengenai bagian luar steering rack.

Sirion adalah senjata andalan Daihatsu di pasar city car Indonesia. Mobil mungil yang dibanderol mulai dari Rp139,5 sampai Rp150,5 juta ini selalu menempati daftar tiga besar jajaran city car paling laris di Tanah Air. Bulan lalu, mobil yang dimpor dari Malaysia ini berhasil terserap pasar sebanyak 550 unit.

Sedangkan Gran Max menjadi kendaraan niaga Daihatsu yang cukup membetot perhatian pasar. Gran Max menjadi varian yang paling dicari konsumen setelah All-New Xenia dan Terios.

Recall ini merupakan penarikan kedua Daihatsu dalam dua tahun belakangan setelah di tahun 2011 mereka juga menarik puluhan ribu Daihatsu Feroza. (eh)

 



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
delcom
30/05/2012
Inilah wujud tanggung jawab serta profesionalisme yg nyata di republik ini ... salut buat daihatsu .... !!!
Balas   • Laporkan
sopian hadi | 31/05/2012 | Laporkan
Kenapa tidak di pastikan dulu aman sebelum di pasarkan, kan ga enak mobil baru kok sudah masuk bengkel..


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com