Seberapa Bahaya Kerusakan Sirion & Gran Max

Mobil Murah di Bawah Rp150 Juta
Sumber :

VIVAnews - Dua varian Daihatsu, Sirion dan Gran Max ditarik dari pasar Indonesia, lantaran ditemukan masalah di salah satu bagian part kedua kendaraan. Tercatat total mobil dari kedua varian yang terkena recall sebanyak 51.930 unit.

Lalu seberapa besar bahaya dari potensi kerusakan pada dua kendaraan tersebut?

Technical Service Division Head PT Astra Daihatsu Motor, Ahmad Syaufi menjelaskan, berdasarkan evaluasi DMC, ditemukan potensi keretakan pada bagian dudukan ban cadangan yang terletak dibagian belakang bawah Gran Max.

"Jika dalam kondisi terburuk dudukan ban cadangan akan terlepas dan jatuh begitu juga untuk ban serepnya. Ini sangat membahayakan pengendara lainnya, khususnya yang berada di belakang mobil Gran Max yang tengah berjalan," kata Syaufi di Jakarta, Selasa 29 Mei 2011.

Gran Max yang teridentifikasi untuk ditarik yakni, 36.988 unit Gran Max Pick Up (GM PU) yang diproduksi 2007 hingga 15 Oktober 2010 dan sebanyak 11.715 unit Gran Max Mini Bus (GM MB) dan Blind Van (GM BV) yang diproduksi 2007 hingga 23 Oktober 2008.

"Perbaikan akan memakan waktu 60 menit. Kami mengganti gantungan atau dudukan ban cadangan dengan lekukan yang disesuaikan bentuk ban," kata dia.

Sedangkan untuk Sirion, ditemukan tetesan air yang keluar dari selang pembuangan air AC yang menetes mengenai bagian luar steering rack. Masalah ini, kata dia, dalam jangka panjang berpotensi menimbulkan karat dan pada kondisi terburuk fungsi steering rack dapat terganggu.

"Part selang pembuangan AC akan diganti lebih panjang, sehingga tidak lagi menetes. Dibutuhkan waktu 50 menit untuk perbaikan komponen ini," katanya.

Jumlah Sirion yang ditarik sebanyak 3.227 unit yang diproduksi 2008 hingga Maret 2011. Sebelum Daihatsu Sirion, sudah lebih dulu di-recall di Malaysia. Diketahui, Sirion yang dipasarkan di Tanah Air diimpor langsung dari negeri Jiran.

Pemilik kendaraan Daihatsu yang yang terlibat dalam recall ini cukup menghubungi Daihatsu Access (kode area) 500898 untuk mengatur jadwal pemeriksaan ke bengkel terdekat. Tidak akan dikenai biaya apapun untuk pemeriksaan maupun penggantian part recall tersebut.

Program recall akan berlangsung selama satu tahun, terhitung hari ini hingga 28 Mei 2013.

"Kami yakin recall ini tidak akan berdampak pada penjualan. Karena kami berusaha terbuka untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan kepada pelanggan serta menjamin kualitas produk Daihatsu sesuai standar global," kata Amelia Tjandra Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor.

Sirion adalah senjata andalan Daihatsu di pasar city car Indonesia. Mobil mungil yang dibanderol mulai dari Rp139,5-Rp150,5 juta ini selalu menempati daftar tiga besar jajaran city car paling laris di Tanah Air. Pada bulan lalu, Daihatsu Sirion berhasil terserap pasar sebanyak 550 unit.

Sedangkan Gran Max  menjadi kendaraan niaga Daihatsu yang cukup membetot perhatian pasar. Gran Max menjadi varian yang paling dicari konsumen setelah All-New Xenia dan Terios.

Diketahui, ini merupakan recall kedua Daihatsu dalam dua tahun belakangan, setelah di 2011 mereka juga menarik puluhan ribu Daihatsu Feroza. (eh)

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick
Penyakit Demam Berdarah di Jakarta dikatakan meningkat sejak memasuki tahun 2024.

Waspada! Demam Berdarah Mengganas, Jakarta Jadi Episentrum dengan 35 Ribu Kasus

Angka kasus demam berdarah di Indonesia kembali meningkat. Berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan hingga Kamis sore 28 Maret 2024 tercatat sudah ada 390 kematian

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024