Mengapa Sirion & Grand Max Pick Up Ditarik?

All New Sirion Deluxe
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Adam Mahaputra

VIVAnews - Astra Daihatsu Motor (ADM) menarik kembali (recall) dua produknya, Sirion dan Gran Max Pick up, mulai besok, Selasa 29 Mei 2012. Keduanya harus recall lantaran mengalami permasalahan teknis.

Namun, hingga saat ini pihak dealer resmi Daihatsu, Asco Automotive mengaku belum menerima informasi mengenai penarikan tersebut.

"Kami belum dapatkan informasi itu. Cukup kaget juga jika memang ada recall, karena tidak ada laporan dan keluhan dari konsumen terhadap dua varian ini," kata Irawan Prajogo, Deputy Director Sales Operation, Asco Prima Mobilindo saat dihubungi VIVAnews, Senin 28 Mei 2012.

Menurutnya, secara teknis tidak ada laporan soal kerusakan pada Sirion, hanya saja ada keluhan dari konsumen mengenai suku cadang yang agak lama didapat, lantaran mobil city car ini diimpor langsung.

"Dugaan dan prediksi saya, penarikan Gran Max dan Sirion ini sama dengan Feroza yang ditarik pada tahun lalu. Gran Max memang diekspor ke Jepang, dan mungkin ada masalah pada Gran Max yang dikirim ke Jepang," kata dia.

Sebelumnya, Head Domestic Marketing Division Daihatsu, Rio Sanggau kepada VIVAnews, mengatakan recall dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian Daihatsu terhadap keselamatan dan kenyamanan pelanggan.

Saat ditanyakan soal penyebab dilakukan recall, Rio mengatakan akan dijelaskan secara detail dalam keterangan pers besok. "Kenapa direcall, berapa yang ditarik, dan dari dua model ini lansiran tahun berapa saja yang kena recall, akan kami jelasnya dalam press conference hari Selasa besok," ujar Rio.

Sirion adalah senjata andalan Daihatsu di pasar city car Indonesia. Mobil mungil yang dibanderol mulai dari Rp139,5-Rp150,5 juta ini selalu menempati daftar tiga besar jajaran city car paling laris di Tanah Air. Pada bulan lalu, Daihatsu Sirion berhasil terserap pasar sebanyak 550 unit.

Sedangkan Gran Max Pick Up menjadi kendaraan niaga Daihatsu yang cukup membetot perhatian pasar. Gran Max menjadi varian yang paling dicari konsumen setelah All-New Xenia dan Terios.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Diketahui, ini merupakan recall kedua Daihatsu dalam dua tahun belakangan, setelah di 2011 mereka juga menarik puluhan ribu Daihatsu Feroza. (Laporan: Herdi Muhardi | umi)

Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024