Motor Bebek Mulai Sepi Peminat, Mengapa?

New Honda Blade dan Yamaha Jupiter Z
Sumber :

VIVAnews - Penjualan motor bebek terus mengalami penurunan dari dalam beberapa bulan terakhir ini. Popularitas bebek di pasar nasional makin tergusur oleh skutik.

Hal itu memang cukup dirasakan oleh para produsen motor seperti Yamaha dan Honda. Dari setiap penjualan per bulan sepanjang Januari hingga April 2012, 50 persen lebih dikuasai dari segmen skutik. Sedangkan bebek hanya berkutak pada angka 35 persen.

Lalu apa yang menjadi penyebab sepinya minat motor bebek? Deputy Sales Division Head Sales Division Astra Honda Motor (AHM), Thomas JA Wijaya mengatakan konsumen saat ini mulai bermigrasi dari bebek ke skutik. Itu dilakukan karena konsumsi motor matik tidak lagi boros seperti dahulu.

"Dulu konsumen mungkin memilih bebek karena konsumsi bahan bakarnya lebih efisien ketimbang skutik. Tapi dengan adanya teknologi injeksi PGM-FI yang diadopsi skutik kami, konsumsi bahan bakar menjadi irit tanpa mengorbankan performa," kata dia.

Thomas memprediksi ke depannya pangsa pasar bebek akan terus menurun hingga tertahan di kisaran 30 persen. "Bebek masih jadi primadona di beberapa daerah pelosok, tapi untuk perkotaan konsumen akan memilih skutik," imbuhnya.

Penjualan Honda di pasar domestik pada bulan lalu tercatat sebesar 344.160 unit, dimana skutik masih mendominasi dengan torehan 253.249 unit. Sedangkan bebek hanya bisa terserap pasar sebanyak 79.435 unit.

Menurunnya pasar motor bebek juga dirasakan oleh Yamaha Indonesia. General Manager Marketing & Communication YIMM Eko Prabowo mengatakan tren pasar saat ini lebih mendominasi oleh skutik.

"Rata-rata dari penjualan per bulan kami, 50 persen lebih ada didominasi skutik. Saya prediksi ke depannya bebek akan terpaku di angka 25 persen," kata Eko.

Sepanjang April 2012, kelas bebek Yamaha mencatat penjualan 51.098 unit atau turun 21,7 persen dari bulan sebelumnya sebanyak 94.215 unit.

Di kelas ini Vega ZR memberi kontribusi terbesar dengan total penjualan 19.424 unit. Diurutan kedua ada Jupiter Z CW & SW yang menyumbang 12.969 unit. Sementara Jupiter MX terjual 18.705 unit. (umi)

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman
Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

KPU Tolak Tanggapi Tudingan Nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

KPU menolak menanggapi tudingan dari kubu Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud soal nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024