Beda Rp50 Juta, Pilih City, Vios atau Fiesta?

New Honda City
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra

VIVAnews - Honda Prospect Motor (HPM) baru saja meluncurkan sedan entry level andalannya, New City. Mini sedan ini mengalami perubahan ringan dari segi eksterior dan interior.

Dengan perubahan yang tidak terlalu banyak dan masih mengandalkan mesin pada generasi sebelumnya, Honda justru membanderol New City dengan harga yang relatif lebih mahal dibanding kompetitor di kelasnya.

Sebagai gambaran, Toyota Vios dibanderol paling murah seharga Rp215 Juta. Kemudian Ford Fiesta sedan dihargai Rp214 juta, dan Mazda2 Sedan Rp221 Juta.

Sedangkan New Honda City tipe S dipasarkan dengan harga Rp262 juta untuk transmisi manual dan Rp277 juta untuk transmisi otomatis. Sedangkan tipe E dibanderol Rp271 juta untuk tranmisi manual dan Rp286 juta untuk transmisi otomatis (harga OTR Jakarta).

Tentu ini akan menyulitkan New City untuk bisa bersaing dengan para kompetitor lainnya, mengingat masyarakat lebih menginginkan mobil yang lebih terjangkau harganya. Belum lagi, pasar sedan nasional yang terus menurun dalam kurun dua tahun terakhir ini.

Berdasarkan data dari lembaga riset dan analisis internasional Frost & Sullivan, pada 2010 penjualan mobil sedan mencapai 33.128 unit. Sementara itu, pada 2011, angka itu turun 19,4 persen menjadi 26.712 unit.

"Harga yang kami tawarkan sudah disesuaikan dengan konsumen City. Kami yakin ini dapat diterima oleh pasar. Kami targetkan penjualan New City 2.400 unit untuk tahun 2012," kata Jonfis Fandy, Direktur Marketing dan Layanan Purnajual Honda Indonesia.

Satu lagi kelemahan yang dimiliki New City adalah tidak dilengkapi lampu kabut atau fog lamp. Padahal ini sudah menjadi fitur standar di mobil baru dan sangat diperlukan ketika berpergian ke luar kota. (adi)

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur
Ilustrasi meruqyah

Cara Ruqyah Diri Sendiri Sesuai Syariat Islam, Agar Terbebas dari Gangguan Jin

Ruqyah atau Rukyah merupakan metode pengobatan menggunakan doa pada orang yang sakit akibat dari ‘ain (pandangan), sihir, rasa sakit, hingga gangguan jin.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024