Ramai Bikin Pesaing Avanza-Xenia, Sukseskah?

Mobil ini diplot untuk merebut tahta Avanza-Xenia sebagai mobil terlaris di Tanah Air.

Selasa, 22 Mei 2012, 17:03 Sandy Adam Mahaputra
Suzuki Ertiga
Suzuki Ertiga (Motorbeam)

VIVAnews - Minat yang cukup tinggi untuk tipe mobil low MPV (Multi Porpose Vehicle) di pasar otomotif tanah air, membuat pabrikan mobil berlomba-lomba meluncurkan mobil jenis itu.

Duet fenomenal Avanza-Xenia memang lebih dulu hadir dan menjadi raja di kelas Low MPV, bahkan menjadi mobil paling laris di Indonesia saat ini. Kesuksesaan mobil yang digarap secara bersamaan oleh Toyota dan Daihatsu menjadi pelecut para kompetitor untuk bisa memangsa pasar mobil tujuh penumpang itu.

Salah satunya adalah Suzuki. Mobil MPV terdahulu buatan mereka, APV memang belum terlalu sukses untuk bisa meredam laju Avanza-Xenia. Tak putus semangat, kini pabrikan berlogo "S" itu kembali meluncurkan jagoan terbarunya, yakni Suzuki Ertiga.

Strategi itu nampaknya mulai berbuah manis, belum genap satu bulan diluncurkan, mobil yang menggunakan platform Suzuki Swift generasi kedua sudah panen peminat. Hingga saat ini pemesan Ertiga sudah mencapai 12 ribu.

Banjir peminat membuat PT Suzuki Sales Mobil sedikit kualahan. Perusahaan bahkan baru mampu menyuplai 4.000-5.000 unit mobil.

Meski memiliki sedikit kekurangan yakni tidak ada pilihan tipe transmisi otomatis dan AC double blower, mobil yang dibanderol dimulai dari Rp143 juta hingga Rp165 juta on the road Jakarta, tetap jadi buruan.

Membludaknya pesanan Ertiga di luar ekspektasi, mengingat target penjualan Ertiga hanya 5.000 unit per bulan. Penjualan Ertiga masih didominasi oleh varian tertinggi, GX, sebesar 55 persen, kemudian Ertiga GL 40 persen, dan disusul Ertiga GA 5 persen. "Dari pembelian, komposisinya 70 persen kredit dan 30 persen tunai," kata Direktur Sales dan Marketing PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Endro Nugroho di Jakarta, Selasa 22 Mei 2012.

Ertiga merupakan pengembangan dari platform Suzuki Swift generasi kedua yang mengisi kelas hatchback. Mobil ini memiliki dimensi 4.265 x 1.695 x 2.740 mm (PxLxT) dengan desain bodi yang memiliki sudut rear roof yang lebih menurun sehingga meningkatkan aerodinamika mobil, serta desain headlamp lebih keluar sehingga menambah kesan luas. Lihat spesifikasi detailnya di sini.

Gempuran lain terhadap Avanza-Xenia juga datang dari Nissan Motor Indonesia. Mereka siap meluncurkan mobil tujuh penumpang anyar yakni Nissan Evalia pada bulan Juni mendatang.

Meski belum resmi diluncurkan, mobil yang dibanderol mulai dari Rp160-180 juta, sudah mendapat respon positif di pasar. Mengingat jumlah inden Evalia sudah mencapai 800 unit.

Evalia merupakan nama lain dari Nissan NV200 yang sudah beredar di beberapa negara. Sekedar informasi, MPV Nissan ini dibekali mesin 1.5-liter dCi, yang mampu menyemburkan tenaga hingga 100 hp.
 
Nissan Evalia rencananya akan hadir dengan dua pilihan varian SV (standar) dan XV (versi tertinggi). Model XV akan dilengkapi beberapa fitur seperti Audio Double DIN, parking sensor, ABS, EBD, airbag, dan immobilizer.

"Evalia sudah bisa dipesan. Booking fee dikenakan Rp5 juta, sedangkan waktu inden sampai Juli-Agustus 2012," kata marketing dealer Nissan Warung Buncit, Jakarta selatan saat dihubungi VIVAnews.com.

Lalu apakah kedua mobil ini bakal merebut tahta Avanza-Xenia sebagai mobil terlaris di Tanah Air? kita tunggu saja.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
cahyo_1
24/05/2012
susahlah menyaingi avanza, karena dari sisi mesin avanza lebih kecil. kalo nyaman jelas nissan, tp masa mau bersaing tp harga lebih mahal dari avanza.
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com