OTOMOTIF

Wasit Terbaik Portugal Pimpin Final Champions

Faktor wasit adalah salah satu faktor kunci dalam sepakbola modern saat ini.
Rabu, 16 Mei 2012
Oleh : Anry Dhanniary
Wasit yang akan memimpin final Liga Champions, Pedro Proenca

VIVAbola - Siapa sosok pengadil yang akan memimpin laga final Liga Champions, 19 Mei 2012 nanti? UEFA akhirnya menunjuk wasit asal Portugal, Pedro Proenca, untuk menjadi penengah dalam partai yang mempertemukan Bayern Munich dan Chelsea itu.

Faktor wasit adalah salah satu faktor kunci dalam sepakbola modern saat ini. Arah permainan dan hasil akhir sering berpengaruh terhadap keputusan-keputusan yang dibuat sepanjang laga.

Tidak mau kecolongan, UEFA menunjuk seorang pengadil yang cukup kompeten. Proenca memulai tugas sebagai wasit pada tahun 1998 dan langsung menjadi wasit FIFA lima tahun kemudian. Pada 2010-11, dia didapuk menjadi wasit terbaik oleh Federasi Sepakbola Portugal.

Pengalaman pria berusia 41 tahun itu di partai besar Liga Champions juga cukup banyak. Meniti dari babak kualifikasi, Proenca dipercaya memimpin leg kedua babak semifinal musim 2010-11 antara Manchester United dan Schalke, sebelum akan menjalani partai terbesarnya dalam karir perwasitannya akhir pekan nanti.

Musim ini Proenca bertugas di lima partai Liga Champions. Partai terakhir yang ia pimpin adalah saat Inter Milan menang 2-1 atas Olympique de Marseille pada babak 16 besar.

Pria yang bekerja sebagai penasehat finansial itu termasuk ke dalam daftar wasit elit UEFA. Dirinya masuk kedalam daftar wasit Piala Eropa 2012 serta masuk daftar calon pengadil di Piala Dunia 2014.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found