Dubes Jepang Puji Kinerja Mesin Mobil Esemka

"Suara mesin sangat nyaman dan enak sekali untuk menyetirnya," kata Dubes Jepang untuk RI

Jum'at, 11 Mei 2012, 14:25 Syahid Latif, Fajar Sodiq (Solo)
Dubes Jepang mengunjungi pabrik perakitan mobil Esemka
Dubes Jepang mengunjungi pabrik perakitan mobil Esemka (VIVAnews/Fajar Shodiq)

VIVAnews - Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yoshinori Katori, mengagumi produk mobil rakitan nasional, Esemka yang diproduksi di tempat perakitan Solo Techno Park (STP). Namun untuk saat ini, Jepang belum bisa merinci bantuan yang bisa diberikan untuk pengembangan mobil rakitan pelajar SMK tersebut.

"Saya sangat terharu sekali dengan semangat anak muda yang berusaha keras memahami engineering disini," ujar Katori dalam kunjungan ke STP, Solo, Jumat, 11 Mei 2012.

Didampingi Walikota Solo, Joko Widodo, Katori sempat tertarik melihat salah satu mobil Esemka jenis double kabin berwarna hitam. Tak mau kehilangan kesempatan, Katori pun langsung mencoba menyalakan mesin mobil tersebut.

"Pada saat saya duduk dan pegang handle terasa nyaman sekali," ujar Katori. Usai menguji coba mobil tersebut, dia tanpa sungkan memuji kualitas mesin mobil karya siswa SMK yang dinilainya cukup halus.

"Suara mesin sangat nyaman dan enak sekali untuk menyetirnya," ujar Katori, yang mengenakan batik motif Sido Mukti berwarna merah dan coklat.

Perwakilan pemerintah Jepang di Indonesia itu pun menyempatkan waktu untuk melihat dari dekat perakitan mobil Esemka jenis niaga yang dilakukan sejumlah siswa SMK. Dubes Katori juga melihat dari dekat beberapa blok  mesin yang belum dipasang ke bodi mobil.

Melihat produksi mobil tersebut, Katori memberikan apresiasinya terhadap semangat para pelajar SMK yang mempelajari mesin otomotif di Solo Techno Park.

Saling Bergantung

Saat disinggung bantuan yang bisa diberikan pemerintah Jepang, dengan diplomatis Katori menjawab pihaknya saat ini belum bisa membayangkan secara rinci jenis bantuan jenis bantuan yang bisa diberikan.

Namun, Jepang memastikan bahwa selama ini negaranya memiliki hubungan kerjasama yang cukup erat. "Indonesia dan Jepang itu hubungannya saling bergantung," kata Katori.

Mobil Esemka telah melalui serangkain pengujian agar bisa meluncur dan diproduksi secara massal. Sayangnya, dalam tes uji emisi, mobil Esemka gagal lolos pengetesan tersebut. 

Kegagalan tersebut membuat peluncuran mobil Esemka yang rencananya dilakukan pada HUT RI 17 Agustus mendatang batal dilaksanakan. Walikota Solo Joko Widodo menargetkan Agustus mendatang, mobil Esemka sudah bisa diproduksi sebanyak 200 unit.

Selain batal diluncurkan, dampak tidak lulusnya uji emisi menyebabkan rencana persiapan infrastruktur pembuatan mobil Esemka pun mundur. Padahal awalnya, bulan Juni dijadwalkan sudah bisa diproduksi. (ren)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
nebraska73
23/05/2012
Ah...cuma basa- basi tu!
Balas   • Laporkan
andariesta
14/05/2012
Jepang sangat berkepentingan dengan ESEMKA.. Karena jika Indonesia maju di bidang otomotif.. Mereka akan bangkrut! Indonesia sdh bisa bikin pesawat tapi jepang belum. Kalau kita bikin mobil, mereka takut nggak laku mobil mereka! Maju terus Indonesia!!!
Balas   • Laporkan
bigo
14/05/2012
lucu ya, dalam hal uji emisi, mobil esemka yang (menurut saya) begitu bagusnya, kalah oleh metro mini yang udah karatan, asep ngebul dimana2. uji emisi macam apa yang dipake oleh penguji emisinya?
Balas   • Laporkan
allay.fachlevy | 28/05/2012 | Laporkan
metromini duitnya ngalir ke kantong birokrat,,mobil esemka belom...tue beda nya..hahaha...!! yg ke singgung gw bacok..!!
ardiyantobusri | 16/05/2012 | Laporkan
ya...itulah hebatnya di indonesia
cing_ala2
14/05/2012
Semngat bwt Putra-Putri Indonesia, cuma jangan lengah dengan bujuk rayu orang2 liberalis dlm hal ini Jepang. Mereka yg menguasai otomotif Indonesia, Indonesia harus bisa berkuasa dan jadi tuan rmh di rmh sendiri...
Balas   • Laporkan
arif.drop90
14/05/2012
Semangat buat ESEMKA... Buktikan Indonesia Bisa
Balas   • Laporkan
semangat kberhasilan tdk dpt d cpai tnpa rntngan
Balas   • Laporkan
tertata
11/05/2012
hidup SMK dan ESEMKA maju terus, buktikan bahwa SMK bisa
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com