Mazda Singkirkan Mesin V6

Tokyo Motor Show ke-42
Sumber :
  • REUTERS/ Toru Hanai

VIVAnews - Perusahaan mobil asal negeri sakura, Mazda Motor Corporation yang dikabarkan akan menghentikan produksi mesin rotary menyatakan akan kembali mengembangkan mesin yang menjadi karakter mobil Mazda.

Dilaporkan Carscoop, Kamis 19 April 2012, saat ini Mazda memberikan pilihan mesin V6 yang disematkan pada Mazda6 sedan dan crossover Mazda CX-9. Namun untuk generasi penerus Mazda, mesin V6 tidak akan dilanjutkan.

Senior vice President Mazda Amerika Serikat Robert Davis membenarkan hal tersebut. "Kami tidak memiliki rencana mengembangkan mesin V6 di bawah mesin SkyActive," kata Davis.

Davis melanjutkan bahwa Mazda fokus pada pembuatan mobil dengan dimensi besar dan ringan, serta menawarkan mesin 4-silinder turbocharged.

Ketika ditanya mengenai masa depan mesin rotary, Davis mengatakan, Mazda terus melakukan penerapan pengembangan teknologi rotary yang memiliki kemampuan sama dengan SkyActiv yang lebih hemat bahan bakar.

"Mazda akan mengeksplorasi ide untuk menggunakan mesin rotary terbaru dengan penggerak listrik," tutur Davis. Mesin rotary memiliki keunggulan dibanding mesin konvensional. Meski memiliki kapasitas mesin yang kecil, namun menghasilkan tenaga besar.

Mengenai generasi penerus Mazda MX-5 atau Miata, Davis mengatakan, mobil tersebut merupakan bagian dari program SkyActiv. "Perusahaan akan mempersiapkan beberapa edisi istimewa dari segmen roadster Mazda," ujar Davis. (eh)

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan
PM Spanyol Pedro Sanchez

Istri Kena Tuduhan Korupsi, PM Spanyol Bersiap Mengundurkan Diri

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mempertimbangkan untuk mengundurkan diri lantaran istrinya menghadapi penyidikan pengadilan atas tuduhan korupsi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024