All New KIA Sportage, SUV Ginseng Rasa Eropa

Kia Sportage
Sumber :
  • Forbes

VIVAnews - Munculnya All New KIA Sportage di pasar mobil Sport Utility Vechile (SUV) tanah air cukup memberikan ancaman bagi para pemain lama di kelasnya. Dengan segudang keunggulan, mobil buatan Korea Selatan ini digadang-gadang menjadi pemangsa terkuat SUV.

Untuk membuktikan hal itu, VIVAnews mencoba menguji All New KIA Sportage. Stylish dan elegan menjadi dua kata yang terucap ketika melihat desain mobil ini. Nuansa mobil mewah bergaya Eropa terpancar di tubuh mobil berotot tersebut.

Lampu depan LED berderet menjadi pemikat pertama yang bisa didapatkan dari eksterior mobil. Tak cuma itu, Headlamp New Sportage juga menggunakan tipe proyektor yang membangkitkan nuansa canggih pada bagian depan. Model ini memang banyak digunakan pada mobil premium Eropa seperti Audi.

Tarikan garis bodi dari depan hingga belakang semakin menambah aura garang dan atletis. Garis lengkungnya bagaikan atap chop-top pada mobil hot rod. Desain ini sengaja dibuat untuk memberikan unsur aerodinamis.

Beralih ke kabinnya, medium SUV KIA ini memawarkan kelapangan bergaya modern. Mulai darik jok, dasboard, dan bagasi. Tak ketinggalan jok pengemudi dilengkapi sistem pengaturan elektrik, dan kemudi yang dapat diatur ketinggiannya hingga mampu menghasilkan posisi mengemudi ideal.

Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House

Alhasil, visibilitas yang didapat dari tempat pengemudi terlihat dengan baik. Kabin Sportage juga memberikan fasilitas kenyamanan cukup lengkap. Di konsol tengah tersedia dua lubang besar untuk meletakkan minuman botol.

Begitu pula bagian tengah jok belakang yang dapat dialihfungsikan menjadi sandaran tangan sekaligus tempat meletakkan minuman. Kapasitas bagasinya terbilang memadai. Sebab jok tengah dapat dilipat untuk memperbesar ruang barang seandainya dibutuhkan.

Dari segi keselamatan, mobil ini dilengkapi dual airbags untuk penumpang depan dan pengemudi, serta safety headrest yang bertugas melindungi kepala bagian belakang. Sementara sistem keamanan aktif dipersenjatai rem dengan ABS yang sudah menjadi standar.

Desain interior dan eksterior yang menawan semakin lengkap dengan performa mesinnya. New Sportage dipersenjatai mesin baru berkode Theta II 2.000 cc, yang mampu menghasilkan tenaga setara dengan mesin-mesin 2.400 cc dan 2.500 cc, yakni 166 dk dan torsi 196 Nm. Salah satu inovasi yang ditawarkan adalah penerapan teknologi katup variabel ganda atau Dual CVVT (Continuously Variable Valve Timing).

Uniknya, suara mesin yang semula lembut akan berubah menjadi garang ketika jarum takometer berada di 4.500 rpm. Di angka inilah transmisi otomatis Tiptronic 6-percepatannya akan melakukan perpindahan. KIA Sportage miliki akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 10 detik.

Performa mesin yang prima ditunjang perolehan konsumsi BBM yang terhitung cukup baik di kelasnya. Untuk rute dalam kota, mobil ini menghasilkan 9 km/ liter. Sementara dalam pengujian di ruas tol, konsumsi BBM bisa mencapai 12 km/liter.

Fitur lain yang menjadi nilai lebih dari mobil ini adalah penggunaan supensi Mc Pherson Type Coil Spring & Gas Shock Absorber (depan) dan Multi Link Gas Shock Absorber (belakang). Hasilnya bantingan suspensi Sportage terasa cocok dengan kontur jalan Jakarta yang tidak terlalu mulus.

Adanya peredaman kabin dan sistem audio yang memiliki koneksi aux-in, USB, dan iPod ready semakin memanjakan pengemudi dan penumpangnya. Dengan segudang keunggalan itu, Anda bisa menebus New Sportage seharga Rp253 juta untuk versi manual dan Rp290 juta untuk versi otomatis (OTR Jakarta).

Desain yang menawan, fitur mewah, dan harga terjangkau menjadi modal kuat KIA New Sportage untuk menggusur sekaligus menjadi predator mobil SUV buatan Jepang, Honda CR-V dan Nissan X-Trail.

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP

Ilustrasi sepeda motor Vespa

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024

Sepeda motor Vespa memiliki sejarah panjang dan menarik. Lahir di Pontedera pada tahun 1946, Vespa didirikan oleh Enrico Piaggio. Dibuat sebagai solusi transportasi yang

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024