Desain Skuter Dijiplak, Yamaha Berang

Yamaha Gear BX50
Sumber :
  • motorcycle.com

VIVAnews - Aksi menjiplak model milik produsen ternama di dunia tidak hanya terjadi di China, tapi juga di Jepang. Belum lama ini, Yamaha berang ketika  mengetahui model skuternya ditiru oleh perusahaan lainnya.

Dilaporkan Motorcylce, Senin 9 April 2012, Yamaha melayangkan gugatan ke perusahaan Eco Trade Co. dan Taiseienter Co atas peniruan desain. Keduanya telah meniru desain skuter Yamaha Gear BX50 untuk digunakan pada skuter listrik kedua perusahaan tersebut.

Jika dilihat secara teknis, kedua motor memang berbeda, namun jika dilihat dengan visual ada banyak kemiripan.

Yamaha mengaku berang karena menilai telah terjadi persaingan yang tidak sehat. Produsen berlambang  garpu tala itu juga meminta kompensasi atas tindakan tersebut.

Yamaha Gear BX50 merupakan skuter bermesin empat langkah dengan kapasitas mesin 50 cc. Motor ini biasanya digunakan untuk membantu usaha kecil seperti distributor koran. Motor yang diluncurkan tahun 2007 lalu, telah laku terjual sebanyak 39.917 unit hingga Desember 2011.

Penerbangan Dibatalkan Imbas Banjir, Shandy Aulia Tertahan di Dubai
Presiden Iran Ebrahim Raisi dan komandan militernya

Daftar Negara Sekutu Iran yang Siap Bantu Jika Perang Terjadi, Ada China hingga Rusia

Akhir pekan lalu Iran melayangkan serangan balasan terhadap Israel usai menyerang konsulat Iran di Suriah. Kini, ada beberapa negara yang menjadi sekutu Iran jika perang.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024