Mobil di Dunia Mulai Adopsi Nama Indonesia

Lamborghini Madura
Sumber :
  • Worldcarfans

VIVAnews - Nama-nama di Indonesia mulai dimintai oleh para produsen mobil di Eropa dan Jepang. Selain mudah diingat dan terdengar bagus, nama dari bahasa Indonesia dinilai cocok untuk mewakili karakter mobil.

Nama dari Indonesia yang terbaru digunakan oleh produsen mobil asal Jerman, Porsche. Mereka menggunakan nama Macan untuk mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) terbarunya.

Awalnya Porsche memberikan nama baru untuk versi Cayenne 'Junior' mereka, dengan nama Cajun. Namun, mereka mengganti nama itu dengan menggunakan nama dari bahasa Indonesia, Macan.

"Macan memadukan karakteristik mobil sport dengan kelebihan semua SUV. Jadi ini adalah mobil Porsche sejati," kata Bernhard Maier, Executive Vice President Sales and Marketing Porsche AG.

Porsche Macan akan menggunakan platform Audi Q5. Kemungkinan menggunakan dua jenis bahan bakar seperti Q5, yakni bensin dan diesel sebagai sumber tenaganya.

Saat ini memang belum ketahuan detailnya, hanya baru berupa sketsa. Rencananya akan diproduksi di pabrik Porsche di Leipzig, Jerman pada 2013 dan mulai dijual 2014. Macan akan menjadi target penjualan Porsche yang mencapai 200 ribu unit hingga tahun 2018.

Nama mobil lainnya yang ternyata terinspirasi dari bahasa Indonesia adalah Suzuki Ertiga. Suzuki Motor Corporation (SMC) Jepang mengatakan dahulu ketika masih dalam bentuk konsep, mobil jenis Multi Porpose Vehicle (MOV) dinamakan dengan nama rIII yang bila disebut dalam bahasa Indonesia akan berbunyi Ertiga.

Nama Ertiga dinilai cocok untuk mewakili karakter mobil tersebut. Er (huruf R) berarti Row (baris), tiga angka 3, kalau diartikan mobil dengan 3 baris tempat duduk. Ini sesuai dengan tagline Suzuki untuk menghadirkan mobil dengan 3 baris tempat duduk yang lapang.

Jelas suatu kehormatan, karena umumnya produk global menggunakan bahasa Latin, Spanyol, Jepang dan lainnya. Suzuki Ertiga telah lebih dulu diluncurkan di India, dan menyusul di Indonesia pada bulan depan.

Nama lain yang cukup membuat Indonesia bangga adalah Madura. Nama pulau itu digunakan oleh produsen supercar asal Italia, Lamborghini. Mahasiswa Munich University, Slavche Tanevsky berkolaborasi dengan desainer Lamborghini dan Audi membuat Lamborghini Madura.

Madura diambil dari nama pulau yang terkenal dengan budaya karapan sapi, cocok dengan mobil yang berlambang banteng ini. Madura akan jadi mobil hybrid pertama Lamborghini pada 2016. (Sumber: Caradvice, Automotto)

3 Cara Bikin Pasangan Happy di atas Ranjang dan Gak Bosen Sama Kamu
Bhayangkara FC vs Persik Kediri

Ada Sosok Mencurigakan saat Pertandingan Persik Vs Bhayangkara FC

Satgas Antimafia Bola telah menerima laporan dari Persik Kediri tentang adanya dugaan pengaturan skor.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024