Intip Wujud Mobil Impian di Masa Depan (1)

Mobil BMW berteknologi Self-Driving. Ilustrasi
Sumber :
  • Automotto.com

VIVAnews - Tingginya harga bahan bakar minyak (BBM) dan polusi udara yang mengakibat pemanasan global menjadi isu penting bagi para produsen mobil di dunia. Maka pelaku industri otomotif harus bisa membuat kendaraan yang irit dan ramah lingkunga di masa depan.

Mereka terus melakukan inovasi dalam segi teknologi, hingga kelak mobil yang diciptakan tidak lagi bergantung pada bahan bakar minyak. Beberapa model mobil konsep masa depan memang telah diperkenalkan di ajang pameran otomotif dunia.

Berikut ini ada 10 mobil yang akan menjadi tunggangan masyarakat di di masa mendatang versi Automotto:

1. General Motors SAIC YeZ

Produsen otomotif asal Amerika General Motors bekerjasama dengan perwakilan Cina yaitu SAIC, untuk membuat konsep mobil masa depan, yang memiliki nol emisi dan mampu menghasilkan oksigen.

Mobil dengan sebutan YeZ ini memiliki atap panel surya yang mampu menyerap karbon dioksida dari udara di sekitarnya. Kemudian merubahnya menjadi oksigen melalui proses konversi fotoelektrik.

Oksigen tersebut akan keluar melalui turbin kecil yang ada di roda mobil. Mobil konsep pertama yang mampu membuat oksigen ini bertenaga listrik yang disimpan di dalam batterai.

2. Mobil BMW Berteknologi Self-Driving

Siapa yang membutuhkan supir jika mobil kita dapat melaju dengan sendirinya? produsen mobil asal Jerman, BMW kini sedang mengembangkan teknologi mobil yang mampu berjalan tanpa dikendarai oleh seorang supir. Melainkan dengan menggunakan array sensor, radar, scanner, dan ultrasonik.

Agar mobil ini dapat melakukan tugasnya dengan baik, perlu juga pemetaan rute jalanan yang bagus serta pengembangan teknologi keamanan seperti airbag. Jika kendaraan ini telah sempurna dan diproduksi massal, maka tak akan ada lagi polisi yang menilang lalu mengambil SIM.

3. Mobil Konsep Amphi-X

Beichen Nan telah merancang konsep mobil amfibi yang mampu berjalan di darat dan juga di dalam air. Mobil yang disebut Amphi-X rencananya akan diperuntukan di Dubai pada tahun 2030.

Bentuk mobil ini dibuat dengan menggabungkan penampilan dari perahu dan mobil, sehingga terlihat sangat futuristik. Mengingat kemacetan yang semakin
meningkat di darat, dengan mobil ini mungkin bisa menjadi pilihan lain untuk berkendara melalui jalur air.

4. Mobil Konsep MAG Bertenaga Magnet

Permasalahan mengenai bahan bakar telah mendorong Matus Prochaczka untuk membuat terobosan mengenai kendaraan yang berjalan dengan kekuatan magnet.

Kendaraan beroda tiga dengan dua tempat duduk hasil pemikiran Matus, telah mendapatkan penghargaan di ajang Interior Motives Design Award pada tahun 2007.

Terobosan ini merupakan sebuah langkah yang baik tetapi diperlukan biaya yang besar untuk mewujudkannya. Sebab diperlukan membuat jalur magnet yang ditanam di setiap jalanan.

5. Bentley SenseS

Bekerjasama dengan peneliti genetik, AI dan bioteknologi, produsen otomotif asal Inggris, Bentley telah melahirkan mobil konsep yang sangat unik.

Mereka membuat mobil berteknologi futuristik yang dapat berintegrasi dengan pemiliknya. Jadi, mobil ini akan belajar untuk tumbuh bersama dengan pemiliknya agar dapat mengetahui keinginan dan kebutuhan si empunya.

Tentunya dengan cara mendeteksi perasaan dan emosi pemiliknya. Melihat fitur-fitur semacam ini, rasanya
butuh waktu yang lama untuk membuatnya. Namun mobil ini sangat menarik untuk dijadikan kendaraan masa depan. Bersambung....

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini

Laporan: Wahyu Prasetyo

(ren)

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!
Ditlantas Polda Aceh membagikan takjil dan beras kepada pengendara

Kombes Iqbal dan Anak Buah Cegah Kendaraan di Lampu Merah, Bikin Pengendara Hepi

Ditlantas Polda Aceh bersama Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) membagikan takjil dan paket beras ke pengendara motor dan becak.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024