Mobil Sport Irit BBM Mulai Diproduksi Massal

Toyota FT-86
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Lebih dari enam tahun lalu, Toyota menggandeng Subaru untuk berkolaborasi membangun mobil sport yang irit bahan bakar. Tahun 2009 lahirlah sosok mobil dari hasil kerja mereka:  Toyota FT-86 dan Subaru BRZ. Kedua mobil ini masih konsep alias prototype.

Mobil konsep FT-86 sudah melanglang buana, termasuk mampir di pameran Indonesia International Motor Show Juli tahun lalu di Jakarta.

Setelah bebeberapa kali mengalami penyempurnaan, Toyota dan Subaru akhirnya memulai memproduksi secara massal. "Dua bulan sejak sekarang, konsumen di seluruh dunia sudah bisa menerima produknya, karena produksi kedua model itu telah dimulai," kata Presiden Direktur Toyota Motor Corp Akio Toyoda, dalam laman resmi korporat Jepang itu, Sabtu 24 Maret 2012.

Produksi kedua model ini dilakukan di pabrik Subaru di Gunma Main Plant, Jepang. Selain dipasarkan dengan merek Subaru BRZ dan Toyota FT-86, model ini juga dijual dengan nama Scion FR-S. Nama Scion FR-S ini khusus untuk pasar Amerika Serikat. Sejauh ini Toyota sudah menerima pesanan 7000 unit FT-86 dan Subaru 2.500 unit BRZ.

Toyota GT 86 menggunakan mesin 2.0 liter boxer D4-S injection. Mesin ini memproduksi 197 hp dan torsi 200 Nm. Dengan transmisi 6- kecepatan, baik manual maupun otomatis, mobil ini mampu melakukan akselerasi dari 0-100 km per jam dalam waktu 6 detik. Sedangkan kecepatan maksimal kendaraan ini 230 km per jam.

Meski bongsor mesin, FT-86 diklaim irit bahan bakar. Toyota dan Subaru berhasil menggabungkan dua keunggulan ini, tenaga besar dan irit bahan bakar,  melalui mesin boxer tersebut. (ren)

KPK: Sahroni Sudah Kembalikan Aliran Dana Rp 40 Juta dari SYL yang Mengalir ke Nasdem
Jollof Rice

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Tak hanya di Indonesia yang punya menu khas unik untuk disantap saat berbuka puasa. Umat muslim di berbagai belahan dunia lainnya, juga punya menu unik untuk buka puasa

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024