Produksi Motor Honda Tambah 1,1 Juta Unit

Pabrik sepeda motor Honda.
Sumber :
  • AHM

VIVAnews - PT Astra Honda Motor (AHM) membangun pabrik baru dengan kapasitas produksi sebesar 1,1 juta unit per tahun untuk memenuhi permintaan pasar sepeda motor skutik di Indonesia yang tumbuh pesat.

Dalam keterangan tertulis, Selasa 13 Maret 2012, Astra-Honda yang merupakan perusahaan joint venture  PT Astra International Tbk dan Honda Motor Co. dengan komposisi saham 50:50 persen, menanamkan modal sebesar Rp3,128 triliun.

Pabrik baru AHM ini akan dibangun di Kawasan Industri Bukit Indah yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat. "Fasilitas perakitan sepeda motor ini diharapkan beroperasi pada akhir semester kedua 2013," kata Presiden Direktur AHM Yusuke Hori.

Pabrik keempat AHM ini akan melengkapi tiga pabrik sepeda motor Honda yang sudah ada sebelumnya, yaitu yang berlokasi di Sunter, Pegangsaan, dan Cikarang. Dengan demikian, secara total kapasitas produksi sepeda motor Honda di Indonesia akan mencapai 5,3 juta per tahun.

AHM akan membangun pabrik baru ini dengan konsep yang mampu mengurangi jumlah emisi CO2 dan memanfaatkan sumber daya alam seperti pembangkit listrik tenaga angin, pembangkit listrik tenaga surya, dan lainnya.

Selain itu, pabrik ini dirancang agar setiap proses produksinya berlangsung secara canggih sehingga akan menjadi pabrik yang nyaman bagi tenaga kerja, serta ramah lingkungan bagi masyarakat sekitar.

"Kami berkomitmen 100 persen menyuplai produk berkualitas terbaik dengan teknologi canggih untuk kesenangan berkendara dengan harga terjangkau," kata Yusuke.

Pabrik baru AHM ini akan menyerap tenaga kerja sekitar 3.000 orang, sehingga total tenaga kerja di pabrik Honda, termasuk yang ada di pabrik yang sudah beroperasi saat ini akan menjadi 21.000 tenaga kerja. "Langkah ini merupakan salah satu komitmen kami untuk terus memberikan nilai tambah bagi industri sepeda motor di Tanah Air,” kata Executive Vice President Director AHM Johannes Loman.

Pasar sepeda motor Indonesia adalah pasar terbesar ketiga di dunia setelah China dan India. Permintaannya terus meningkat karena ditopang oleh oleh fondasi perekonomian yang stabil dalam beberapa tahun terakhir ini. Pasar motor nasional  tahun 2011 mencatatkan angka tertinggi sepanjang sejarah, yaitu sekitar 8,01 juta unit, tumbuh 8,7 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Penjualan AHM pada tahun 2011 tercatat 4,27 juta unit, tumbuh 25,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya, atau jauh malampaui pertumbuhan pasar. Pada tahun 2012, AHM menargetkan dapat menjual 4,6 - 4,8 juta unit sepeda motor dengan prediksi bahwa total pasar akan meningkat menjadi sekitar 8,4 - 8,7 juta unit. (ren)

Hasil Lengkap: Bayer Leverkusen Juara Bundesliga, Liverpool dan Arsenal Tumbang
Natasha Rizky

Terpopuler: Natasha Rizky Puji Desta Hingga Menangis, Raffi Ahmad Soal Adopsi Bayi Lily

Berita mengenai Natasha Rizky yang memuji kebaikan Desta hingga membuatnya menangis, memantik rasa haru pembaca. Berita ini pun sukses melesat di deretan terpopuler. 

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024