Juke Olivia Dewi Terbakar, Apa Kata Nissan?

Nissan Juke
Sumber :
  • Nissan.co.id

VIVAnews - Nissan Indonesia menyatakan insiden terbakarnya Nissan Juke yang dikendarai model remaja Olivia Dewi pada Sabtu dini hari tadi, 10 Maret 2012, merupakan kasus pertama yang pernah terjadi di Indonesia sejak SUV andalannya ini diluncurkan pada Mei 2011.

Direktur Nissan Indonesia Teddy Irawan mengatakan, selama ini perusahaannya belum pernah menerima keluhan adanya masalah fatal dari pengguna Juke. "Ini yang pertama," kata dia melalui sambungan telepon kepada VIVanews.

Diterangkan kepolisian, Nissan Juke bernomor polisi B 60 GOH yang dikendarai Olivia melaju kencang menuju Bundaran HI, sebelum akhirnya menabrak tiang reklame, dan langsung terbakar hebat di depan Mid Plaza, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Olivia tewas seketika sedangkan satu teman laki-lakinya mengalami luka bakar parah. 

"Melihat kronologinya, sepertinya cara berkendaraannya tak sesuai standar," kata Teddy.

EVOS dan Pop Mie Rayakan 6 Tahun Kolaborasi, Perkuat Komitmen untuk Majukan Esport Indonesia

Jadi, menurut dia, bisa saja saat menabrak tiang lalu timbul percikan api dan langsung membakar kendaraan. Teddy menyatakan kondisi seperti itu tak cuma bisa terjadi pada Juke, tapi juga pada kendaraan lainnya. 

"Tapi bagaimana pun, kami tetap akan menunggu investigasi polisi," kata Teddy.

Sistem kemanan mobil yang dipasarkan di harga Rp243 -253 juta ini menurut Teddy telah sesuai standar European New Car Assessment Programme (Euro NCAP). Bahkan, dalam pengujian, Nissan Juke menyabet bintang lima, standar tertinggi penilaian.

Mobil ini dilengkapi beberapa sistem keamanan, seperti dual airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA). ABS akan memompa rem 18 kali per detik, sehingga roda tidak mengunci saat pedal rem diinjak.

EBD merupakan sistem yang memantau bobot kendaraan serta penumpang, sehingga secara otomatis daya pengereman akan disebar sesuai kapasitas, sehingga lebih efektif. Selain itu, BA merupakan sistem pemberi daya pengereman maksimal saat menginjak rem secara mendadak.

Juke merupakan salah satu mobil terlaris Nissan di Indonesia. Meski baru diluncurkan Mei 2011, hingga Desember Nissan telah menjual 9.573 unit atau menyokong 17 persen dari total penjualan Nissan sepanjang 2011, yaitu 56.193 unit. Nissan Juke hanya kalah dari Grand Livina (25.325 unit) dan Nissan March (12.345 unit). (kd)

Pembunuhan di Wonogiri Ternyata Motifnya Sakit Hati, Korban Tidak Boleh Balikan dengan Mantan
Pasangan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Kemenangan Prabowo-Gibran Diharap Jadi Peluang Kembangkan Ekonomi Berbasis Laut

Pasangan Prabowo-Gibran bakal memimpin Indonesia periode 2024-2029 setelah MK menolak seluruh permohonan terkait Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024