Saklar Bermasalah, 730 Ribu Toyota Ditarik

Recall dilakukan lantaran ditemukan masalah airbag pengemudi dan saklar kontak lampu.

Kamis, 8 Maret 2012, 10:50 Sandy Adam Mahaputra
Toyota Camry
Toyota Camry (Toyota)

VIVAnews-Toyota mengumumkan penarikan kembali atau recall sekitar 730.000 kendaraan di Amerika Serikat dan Kanada. Recall dilakukan lantaran ditemukan masalah airbag pengemudi dan saklar kontak lampu.

Dalam pernyataan Toyota yang dilansir Autoblog, Kamis 8 Maret 2012, potensi kerusakan airbag terjadi pada 495.000 truk Tacoma di Amerika Serikat dan 17.178 di Kanada, dengan model tahun 2005 sampai 2009.

Menurut Toyota, adanya gesekan antara kabel spiral dan alat penahan dalam pemasangan kabel spiral roda kemudi, dapat mengakibatkan hilangnya konektivitas ke modul airbag pengemudi.

Jika konektivitas hilang, lampu peringatan airbag pada panel instrumen akan tetap menyala setelah kendaraan dihidupkan. Namun, airbag pengemudi tidak aktif jika terjadi kecelakaan.

Sedangkan penarikan karena stop lamp (lampu berhenti/rem) berlaku untuk 70.500 mobil Camry dan 116.000 Venza di Amerika Serikat bersama dengan 2.740 kendaraan Camry dan 27.737 Venzas dengan model tahun 2009 hingga 2011.

"Selama pemasangan saklar kontak lampu berhenti di salah satu perakitan Amerika Utara, minyak silikon mungkin telah mencapai bagian dalam saklar dan menyebabkan peningkatan hambatan listrik," ujar Toyota.

Situasi ini menyebabkan lampu peringatan pada panel instrumen menyala, namun mobil tidak bisa dihidupkan, atau tuas perseneling mungkin tidak bisa bergeser dari posisi parkir.

Toyota dalam proses untuk mendapatkan suku cadang yang diperlukan dan akan memberitahu pemilik mobil ketika suku cadang tersedia. Pemeriksaan, perbaikan dan penggantian komponen yang bermasalah tidak dikenakan biaya.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com