Gagal Uji Emisi, Esemka Batal Diluncurkan

Ilustrasi uji emisi.
Sumber :
  • Antara/Ismar Patrizki Antara/Ismar Patrizki

VIVAnews - Tidak lulusnya uji emisi mobil Esemka menyebabkan rencana peluncuran mobil karya siswa SMK tersebut menjadi mundur. Rencananya, mobil itu akan diluncurkan pada HUT RI 17 Agustus mendatang.

Seperti diketahui, sebelumnya walikota Solo Joko Widodo menargetkan Agustus nanti mobil Esemka sudah bisa diproduksi sebanyak 200 unit. Karena gagalnya uji emisi, rencana tersebut terpaksa diundur.

Selain batal diluncurkan, dampak tidak lulusnya uji emisi menyebabkan rencana persiapan infrastruktur pembuatan mobil Esemka pun mundur. Padahal awalnya, bulan Juni dijadwalkan sudah bisa diproduksi.

“Ya, saya tidak tahu, nanti jadinya seperti apa. Kalau belum rampung, bagaimana kita bisa start?” keluh pria yang akrab disapa Jokowi ini.

Meskipun sudah ramai diketahui oleh media jika mobil Esemka tidak lulus uji emisi, namun pihak Walikota, Wakil Walikota maupun Solo Tehcno Park belum menerima surat pemberitahuan hasil emisi tersebut. “Sekarang ini surat tertulisnya, saya belum terima,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, Wakil Walikota Solo Hadi Rudyatmo mengatakan bahwa ambang batas gas buang Esemka belum memenuhi persyaratan, yakni kadar CO2 masih di atas 5 gram per kilometer. Namun menurutnya, perjuangan mereka tidak akan berhenti akibat gagalnya uji emisi.

"Sertifikat maupun uji emisi tidak bisa meminta-minta. Tetapi harus melalui perjuangan," ujar Rudy. (umi)

Sidang Sengketa Pilpres di MK, Bawaslu Sebut Jokowi Bagi-bagi Bansos Tak Langgar Netralitas
Nikita Mirzani

Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah

Hingga kini, Nikita Mirzani masih go public secara perlahan soal hubungannya dengan Rizky Irmansyah.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024