Oktober, Pabrik Mobil Murah Daihatsu Dibuka

Peluncuran All New Xenia
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Anak usaha PT Astra International Tbk, PT Astra Daihatsu Motor membenamkan investasi Rp2,1 triliun untuk pembangunan pabrik di Karawang, Jawa Barat. Pabrik itu akan meningkatkan kapasitas produksi Daihatsu dari 330 ribu unit menjadi 430 ribu unit per tahun.

Chief Executive Officer PT Astra International Tbk - Daihatsu Sales Operation, Suparno Djasmin, mengatakan bahwa pabrik yang sedang dibangun itu diharapkan akan mulai beroperasi pada Oktober mendatang.

"Pabrik itu akan menambah kapasitas produksi sebanyak 100 ribu unit per tahun, investasinya Rp2,1 triliun di luar tanah, hanya untuk bangunan dan mesin-mesin," kata Suparno ketika ditemui usai konferensi pers ulang tahun Daihatsu ke-105 di Jakarta, Kamis 1 Maret 2011.

Nantinya, lanjut Suparno, hasil produksi dari pabrik itu diperuntukkan bagi pasar domestik dan ekspor. Beberapa tempat tujuan ekspor itu di antaranya untuk wilayah Asia, Timur Tengah, Afrika, Amerika Selatan, dan Jepang. "Pabrik itu untuk produksi mobil low cost dan green car. Semua sesuai rencana," ujarnya.

Selain pembangunan pabrik, Daihatsu juga akan menanamkan investasi di jaringan, yaitu pembukaan outlet-outlet baru, pembaruan outlet yang lama serta menambah stok di beberapa daerah.

Daihatsu, kata Suparno, akan menambah jumlah outlet sebanyak 30 unit hingga 2014 mendatang. Untuk 2012 sediri ditargetkan akan membangun setidaknya 10 outlet baru dan merenovasi beberapa outlet yang ada.

"Pembangunannya bersama-sama dari cabang Astra dan dealer, untuk tahun ini saja belanja modal kami Rp350-400 miliar," ujarnya.

Sementara untuk total anggaran yang disediakan oleh Astra Daihatsu Motor untuk pembangunan 30 outlet itu mencapai Rp1 triliun. Dia memastikan, pembangunan outlet akan dilakukan di seluruh Indonesia, khususnya di ibu kota provinsi dan kota-kota besar lainnya.

Sebelumnya, Toyota Motor Co., melalui anak usahanya Daihatsu Motor Co. berencana menanamkan investasi US$430 juta (Rp3,8 triliun) pada 2012. "Investasi ini merupakan lanjutan dari penggelontoran dana awal tahun ini US$330 juta (Rp2,9 triliun)," kata juru bicara perusahaan PT Astra International Julian Warman dalam Investor Summit di Jakarta, 5 Oktober. Sehingga total investasi Toyota mencapai Rp8,7 triliun.

Penggelontoran investasi ini merupakan bagian dari pembangunan pabrik mobil murah Daihatsu di Karawang.

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang
Gedung Kemenkopolhukam

Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN

Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan menggodok rencana membangun sistem pertahanan semesta di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024