Tak Lolos Uji Emisi, Esemka Dikandangkan

Mobil Esemka Diarak Ribuan Warga Solo
Sumber :
  • Fajar Sodiq/ VIVAnews, Solo

VIVAnews - Mobil Esemka dinyatakan tidak lulus uji emisi oleh Kementerian Perhubungan. Dengan demikian, Wakil Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, untuk sementara waktu tidak menggunakan mobil Esemka sebagai mobil dinasnya.

"Untuk kendaraan dinas kelihatannya tidak karena belum lulus uji emisi. Saya juga tidak ingin mencemari lingkungan di kota Solo, gara-gara mobil AD 1 A maupun AD 2 A polusinya menjadi naik. Ini kan tidak boleh," kata Rudy, Kamis 1 Maret 2012.

Menurut Hadi, perjuangan hasil karya anak negeri tidak akan berhenti. "Sertifikat maupun uji emisi tidak bisa meminta-minta. Tetapi harus melalui perjuangan. Kita akan perbaiki kekurangannya," ujar Rudy.

Ketika disinggung masalah perjalanan mobil Esemka Solo-Jakarta, ia mengungkapkan jika perjalanan tersebut menunjukkan mobil Esemka kuat dan tangguh.

Sebab, selama menempuh jarak 600 kilometer dengan rute perjalanan pulang pergi Solo-Jakarta, mobil Esemka tidak mengalami hambatan apapun. “Kemarin dikendarai karena kita ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa mobil ini mobil beneran, bukan mainan atau odong-odong,” kata Rudy.

Berdasarkan Surat Keputusan AJ.402/17/6/DJPD/2012 dari Dirjen Perhubungan Darat, Esemka dinyatakan belum lulus uji emisi dan diharapkan akan kembali untuk melakukan pengujian ulang. (eh)

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali
Gunakan Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Dump Truk

Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 

Rasa senang bisa memiliki sepeda motor baru untuk ke sekolah, justru berbuah petaka dialami Faizal Hadi Winata, seorang pelajar SMA Negeri 2 Brebes, Jawa Tengah.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024