Menelisik Penyakit dari Kondisi Kulit Wajah

wanita membersihkan wajah
Sumber :
  • Corbis

VIVAnews - Wajah seseorang bukan hanya menampilkan kecantikan. Dibalik penampilan luar ini, kulit wajah juga menyimpan sinyal yang menunjukkan adanya penyakit dalam tubuh.

Kulit wajah adalah salah satu yang organ yang bereaksi paling awal terhadap perubahan patologis dalam tubuh. Jika seseorang memerhatikan dan mengobati gangguan pada kulit wajah, kemungkinan besar dapat menghindari komplikasi serius penyakit.

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients

Berikut beberapa penyakit yang bisa dideteksi dari perubahan di bagian wajah, seperti dikutip GeniusBeauty:

Kulit kering

Kulit jenis ini sangat sulit dibersihkan bahkan dengan menggunakan kosmetik khusus. Kondisi kulit yang kelewat kering mungkin merupakan petunjuk adanya kerusakan pada beberapa organ dalam.

Kasus kulit yang sangat kering paling sering terjadi akibat adanya gangguan pada kelenjar tiroid. Selain sangat kering, gangguan lainnya antara lain berubah warna dan bahkan menjadi sianosis.

Inflamasi


Jika kulit wajah yang menampakkan pembuluh kapiler dan adanya luka, ada kemungkinan Anda sedang mengalami gangguan fungsi gonad.

Kering dan gatal


Tanda-tanda ini bisa memberi sinyal pemiliknya mengalami penyakit diabetes.


Kulit bibir mengelupas

Jika kulit di bibir Anda mengelupas hampir setiap waktu terlepas dari perubahan cuaca dan musim, kemungkinan tubuh mengalami kekurangan vitamin B dan zat besi. Kekurangan dua zat ini meningkatkan risiko gangguan sistem saraf pusat.

Kulit kuning dan berjerawat

Perubahan warna kulit wajah menjadi kuning dan kerap disertai dengan timbulnya jerawat menunjukkan adanya gangguan pada kantung empedu dan hati.

Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan

Semua penyakit terjadi bersamaan dengan penurunan kekebalan tubuh secara signifikan, sehingga rentan terhadap penyakit menular dan virus. Karena itu, sebagai salah satu pertahanan awal tubuh, perawatan sangat diperlukan untuk mencegah risiko kerusakan pada kulit wajah.

Prabowo Subianto

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Menteri Pertahanan juga pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto akan mengunjungi Beijing China, pada 31 Maret-2 April 2024. Prabowo dijadwalkan bertemu Presiden Xi Jinping

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024